oleh

Ketua DPRD Sampang Absen, Pelantikan PAW Gagal

SAMPANG (PortalMadura) – Pelantikan dan pengambilan sumpah Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap dua anggota DPRD Sampang, Madura, Jawa Timur, gagal dilaksanakan, Selasa (25/2/2014). Padahal, segala persiapan sudah matang dan undangan sudah ada di ruang sidang paripurna.

Dua anggota DPRD Sampang hasil PAW yang akan dilantik yakni Mohammad Sakir menggantikan Agus Husnul Yakin dan Mohammad Holili menggantikan Ali Sadikin dari Fraksi Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).

“Saya nyatakan PAW ini ilegal dan tidak prosedural. Seharusnya dalam proses PAW, pimpinan dewan terlebih dahulu mengadakan rapat Badan Musyawarah (Banmus). Dan ini tidak, cuma langsung minta tanda tangan ke semua anggota dewan saja,” teriak Aulia Rahman, salah satu anggota DPRD Sampang.

Selain itu, rapat paripurna istimewa seharusnya dihadiri oleh Ketua DPRD Sampang, Imam Ubaidillah. Namun, yang bersangkutan sedang ada tugas di luar jawa.

iklan hari santri

Desakan serupa juga disampaikan oleh beberapa anggota dewan lainnya. Hingga, akhirnya, Wakil Ketua DPRD Sampang, Kian Santang, memutuskan sidang paripurna untuk ditunda.

Kian Santang menjelaskan, meskipun proses pelantikan bisa diwakilkan, namun dirinya tidak berani memimpin proses pelantikan dan pengambilan sumpah anggota DPRD hasil PAW. Sebab, dalam aturan pelantikan anggota DPRD harus di tanda tangani oleh dua pimpinan dewan.

“Aturan pelantikan PAW itu, minimal harus di tanda tangani oleh dua pimpinan dewan, saya takut digugat nantinya,” tegasnya.

Sementara, Sekretaris Dewan (Sekwan) Sudarmanto, menyayangkan tertundanya rapat tersebut. Seharusnya, pelantikan dan pengambilan sumpah PAW anggota DPRD bisa dilangsungkan meskipun tidak dihadiri ketua dewan.

“Wakil ketua itu bisa menggantikan posisi ketua dewan, karena pimpinan dewan sendiri sudah melimpahkan tanggung jawabnya. Kemarin, pimpinan dewan sudah melimpahkan amanatnya ke wakil ketua,” tandasnya.(lora/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.