oleh

Keutamaan Khatamkan Alquran di Bulan Ramadan yang Perlu Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Di bulan Ramadan ini banyak berkah di setiap amalan yang kita jalankan. Bulan Ramadan juga merupakan bulan dimana diturunkannya Alquran. Hal tersebut dijelaskan dalam firman Allah SWT.

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil) QS. (Al Baqarah : 185)

Ada banyak penjelasan keutamaan membaca Alquran sangat banyak dijelaskan, salah satunya yakni sabda Rasulullah SAW,

Siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf ( HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Beliau jua bersabda, “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam” ( HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468)

Bila dilihat, membaca Alquran di hari atau di bulan biasa saja pahalanya begitu luar biasa, apalagi pada bulan ramdan yang penuh berkah ini. Berikut adalah keutamaan mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadan.

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, “Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Alquran kepada Nabi shalallahu alayhi wa sallam setiap tahun sekali (pada bulan Ramadan). Pada tahun wafatnya Rasulullah shalallahu alayhi wasallam, Jibril mendatangi dan mengajarkan Alquran kepada beliau sebanyak dua kali (untuk mengokohkan dan memantapkannya)” ( HR. Bukhari no. 4614)

Ibnu Atsir rahimahullah menjelaskan, “yaitu mempelajari (mudarasah) semua ayat Al-Quran yang turun” ( Al-Jami’ fi Gharib Hadits, 4/64).

Praktik salat tarawih dengan target mengkhatamkan Alquran selama bulan Ramadhan adalah perbuatan yang sangat baik. Satu malam salat tarawih yang di baca satu juz. Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata,

“Dipahami dari (hadits) tersebut, bahwa Imam membaca Alquran seluruhnya (sampai khatam) bersama jemaah pada bulan Ramadan termasuk dalam mudarasah ini (yaitu mudarasah Nabi Shallallahu ’alaihi wa salam bersama malaikat Jibril alaihissalam). Oleh karena itu, Imam Ahmad rahimahullah suka terhadap Imam yang mengkhatamkan Alquran. Ini merupakan amal para salaf yaitu mendengarkan Alquran seluruhnya. Akan tetapi hal ini bukan kewajiban, agar supaya bersegera dan tidak membaca secara perlahan-lahan. Ia tidak mencari kekhusyukan dan tuma’ninah. Bahkan mencari hal ini (khusyuk dan tuma’ninah) lebih utama daripada perhatian terhadap mengkhatamkan” (Majmu’ Fatawa bin Baz 15/324, Asy Syamilah)

Dan mengkhatamkan Alquran selama bulan Ramadan bukanlah kewajiban, syaikh Al-‘Utsaimin rahimahullah berkata,

“Mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadan bagi orang yang berpuasa bukanlah perkara yang wajib. Akan tetapi sebaiknya seseorang memperbanyak membaca Alquran di bulan Ramadhan” (Majmu’ Fatawa wa Rasail 20/516)

Demikian informasi mengenai keutamaan membaca Alquran di bula suci Ramdan. Semoga segala amal dan perbuatan kita di bulan suci ini mendapat berkah dari Allah SWT. (islampos.com/Nanik)


Komentar