oleh

Khasiat Ubi Ungu untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Antioksidan Penting

PortalMadura.Com – Manfaat ubi ungu tidak kalah sehat dari jenis umbi lainnya. Ubi ungu merupakan jenis ubi jalar yang sering ditemui. Ubi ini memiliki warna ungu gelap dengan rasanya yang manis dan gurih. Manfaat ubi ungu kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan penting untuk tubuh.

Ubi ungu dapat dijadikan sumber karbohidrat untuk tubuh Anda. Serat makanan dalam ubi ungu bisa mengenyangkan dan menyehatkan. Ubi ungi juga dapat diolah menjadi beragam makanan lezat dan warna yang dimiliki ubi ungu memberi tampilan yang menarik.

iklan pilbup

Dilansir dari laman Merdeka.Com, Jumat (17/7/2020) berikut manfaat ubi ungu yang dapat Anda rasakan untuk kesehatan tubuh.

Meringankan Gejala Asma

Penderita asma biasanya memiliki asupan vitamin A dan C yang rendah. Dapat dikatakan bahwa penderita asma hanya memenuhi setengah dari rata-rata asupan vitamin A yang dibutuhkan tubuh. Risiko penyakit asma pun semakin meningkat pada mereka yang memiliki asupan vitamin C diet rendah.

Risiko tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan olahan ubi jalar ungu. Ubi jalar ungu diketahui mempunyai kandungan antioksidan seperti vitamin A dan C yang tinggi. Menjadikan ubi jalar ungu sebagai menu konsumsi sehari-hari, dengan begitu kebutuhan asupan vitamin A dan C bisa tercukupi. Cara ini pun dapat meringankan munculnya gejala pada penderita asma.

Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat ubi ungu yang satu ini berhubungan dengan kandungan serat yang juga terdapat dalam umbi tersebut. Ubi ungu penuh karbohidrat kompleks dan sumber pati resisten yang baik. Pati resisten dari ubi ungu dapat meningkatkan jumlah Bifidobacteria, sejenis bakteri usus yang menguntungkan.

Bakteri ini memainkan peran penting dalam kesehatan usus, membantu pemecahan karbohidrat kompleks dan serat. Bahkan dapat membantu mengurangi risiko kondisi tertentu, seperti kanker kolorektal, penyakit radang usus, dan sindrom iritasi usus besar. Bifidobacteria juga menghasilkan asam lemak sehat dan vitamin B.

Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Manfaat ubi jalar bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat meningkatkan fungsi kesehatan. Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa ubi jalar ungu mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi.

Kandungan tersebut tentu saja sangat dibutuhkan tubuh untuk mengoptimalkan fungsi penglihatan mata. Selain itu, ubi jalar juga mempunyai kandungan anthocyanin yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel mata dari risiko kerusakan, dan membantu menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Menstabilkan Gula Darah

Ubi ungu mempunyai kandungan antioksidan flavonoid yang terbukti efektif dapat menurunkan gula darah bagi penderita diabetes tipe 2. Kandungan tersebut mampu mengurangi stres oksidatif dan resistensi dengan melindungi sel-sel penghasil insulin yang terdapat di dalam hati. Hal inilah yang dapat membantu mengontrol lonjakan gula darah.

Ubi jalar ungu juga memiliki indeks glikemik 24. Ini dapat membantu memecah gula secara perlahan kemudian menghasilkan pelepasan energi yang lebih stabil. Dengan begitu, lonjakan gula semakin dapat terkontrol dengan baik.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam ubi ungu juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan ini dapat menurunkan tekanan darah umum, atau yang disebut dengan inhibitor enzim pengonversi angiotensin.

Dalam sebuah penelitian, menemukan bahwa antioksidan yang terkandung dalam ubi ungu dapat mencegah konversi angiotensin 1 menjadi angiotensin 2. Jika diabaikan, proses konversi ini menjadi penyebab utama peningkatan tekanan darah dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa antosianin pada ubi ungu dapat mengurangi risiko pengembangan berbagai jenis kanker karena efek antioksidan anthocyanin dan vitamin C yang dimiliki ubi ungu. Kandungan ini mampu untuk melawan kanker secara alami dengan menghalangi proliferasi sel dan menghambat pembentukan tumor dengan mengganggu proses karsinogenesis.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar