oleh

KPU Hemat Rp23,9 Miliar Untuk Anggaran Logistik Pilpres

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum menghemat sedikitnya Rp23,9 miliar anggaran negara yang disiapkan untuk pengadaan logistik Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, kata Sekretaris Jenderal Arif Rahman Hakim di Jakarta, Senin (9/6/2014).

Penghematan itu diperoleh dari nilai pagu anggaran pengadaan logistik untuk dua pasangan calon presiden dan wakil presiden sebesar Rp70,7 miliar, sedangkan perolehan nilai kontrak pasca-pelelangan senilai Rp46,7 miliar.

“Setelah diperoleh peserta Pilpres ada dua pasang, lalu kami menyusun untuk kebutuhan surat suara, formulir, tinta dan sebagainya, sehingga dialokasikan anggaran logistik sebesar Rp70,7 miliar, artinya kita hemat Rp23,9 miliar,” kata Arif.

Saat menyusun anggaran untuk pengadaan logistik yang berupa surat suara, formulir, tinta, template “Braille” dan segel, KPU menganggarkan nilai pagunya sebesar Rp268.728.549.000.

Jumlah itu didasarkan pada pelaksanaan Pilpres 2004 yang diikuti oleh empat pasangan calon presiden dan wakil presiden.

iklan hari santri

Setelah penetapan peserta Pilpres, yang kemudian diketahui ada dua pasangan calon, KPU kemudian menyusun anggaran logistik dengan harga perkiraan sementara (HPS) Rp70.752.488.936.

Kemudian dilakukan proses lelang yang dimenangi oleh 12 perusahaan dengan total nilai kontrak sebesar Rp46.787.676.808.

Proses produksi formulir dan surat suara dijadwalkan berlangsung selama 13 hari mulai Senin, 8 Juni hingga 20 Juni.

Selain produksi, perusahaan pemenang lelang juga bertanggungjawab terhadap proses pengiriman dan distribusi logistik hingga ke KPU kabupaten-kota, yang dijadwalkan berlangsung sejak 10 Juni hingga 27 Juni.

Berikut adalah nama-nama perusahaan pemenang lelang produksi dan distribusi logistik Pilpres: 1. PT Pura Barutama (surat suara) 2. PT Gramedia (surat suara) 3. PT Temprina Media Grafika (surat suara) 4. PT Seni Budaya (surat suara) 5. PT Macanan Jaya (surat suara) 6. PT Temprint (surat suara) 7. CV Adi Perkasa (surat suara) 8. PT Perca (formulir) 9. PT Balai Pustaka (formulir) 10. PT Sigma Utama (tinta) 11. PT Tintamas Tinta Surya (tinta) 12. PT Peruri Wira Timur (template).(deliknews/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.