oleh

KPU Target 70 Persen Kehadiran Pemilih Pileg 2014

SUMENEP (PortalMadura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menargetkan 70 persen tingkat partisipasi pemilih pada pemilu legislatif 2014 mendatang. Sebab, pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Agustus lalu, partisipasi pemilih yang menggunakan hak pilihnya hanya mencapai 54,78 persen.

“Pada pemilu legislatif 2014 mendatang, kami menargetkan partisipasi pemilih minimal 70 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mencapai 904 ribu lebih,” kata Ketua KPU Sumenep, Thoha Shamadi, Kamis (14/11)13).

Toha menjelaskan, rendahnya partisipasi pemilih pada Pilgub Jatim lalu, disebabkan kurangnya sosialisasi yang dilakukan panitia pemilu ditingkat kecamatan hingga desa. Tapi pihaknya mengaku tidak bisa menyalahkan PPK dan PPS karena pada waktu itu, sering terjadi cuaca buruk. Sebab, penyumbang terbesar angka golput itu berada dikepulauan.

“Kami memang mengakui pada Pilgub lalu itu sosialisasinya kurang terutama diwilayah kepulauan yang memiliki banyak pulau, alat transportasi laut tidak bisa berjalan karena kendala cuaca,” katanya.

Untuk memenuhi target minimal 70 persen partisipasi pemilih dari DPT, KPU akan terus melakukan sosialisasi secara maksimal termasuk dikepulauan yang memiliki geografis yang berbeda dengan didaratan.

Pihaknya juga akan menggandeng keluarga pemilih yang sekarang berada diluar negeri menjadi TKI, agar pada pelaksanaan pemilu mendatang bisa menggunakan hak pilihnya karena mereka juga tercatat sebagai pemilih.

“Kami meminta keluarganya agar mengajak pulang dulu bagi mereka yang sedang menjadi TKI pada momen pemilu mendatang,” tuturnya.

Berdasarkan data di KPUD Sumenep, jumlah DPT Pileg 2014 yang diplenokan 1 November 2013 lalu, mencapai 904.192 pemilih terdiri dari 426.931 pemilih laki-laki dan 477.261 pemilih perempuan.

DPT yang telah diplenokan tersebut kemungkinan akan mengalami perubahan jika dalam verifikasi masih ditemukan pemilih yang pindah domisili atau ganda dan tidak memenuhi syarat, karena saat ini masih dalam proses verifikasi DPT ulang. (arif/htn).


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE