Lakukan 3 Amal Salih Ini Agar Makin Dicintai Allah SWT

Rewriter: Desy WulandariRujukan: Okezone.com
Lakukan 3 Amal Salih Ini Agar Makin Dicintai Allah SWT
Ilustrasi (Bincang Syariah)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Seluruh umat muslim pasti ingin dicintai Oleh Allah SWT. Oleh karena itu, semuanya berlomba-lomba melakukan amal salih dan menjauhi segala laranganNya untuk meraih cinta Allah SWT.

Ada beberapa amal salih yang wajib Anda lakukan agar makin dicintai Allah SWT. Amal salih apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari kanal YouTube Insan Surga, berikut ini penjelasannya:

Salat Tepat Waktu

Amalan pertama yang paling dicintai Allah SWT merupakan salat tepat waktu. Salat merupakan Rukun Islam kedua yang diwajibkan bagi umat Islam. Selain itu, salat juga dijadikan sebagai tiang agama dalam Islam.

Rasulullah SAW bersabda: “Inti segala perkara adalah Islam dan tiangnya yang merupakan sholat.” (HR Tirmidzi Nomor 2616 dan Ibnu Majah Nomor 3973)

Mengerjakan salat tepat waktu yang dimaksud adalah ketika mendengar suara azan, seorang Muslim segera mengambil air wudu dan berangkat ke masjid untuk menunaikan salat berjamaah.

Namun jika memang Muslimin tersebut dalam kondisi yang tidak memungkinkan, misalnya bekerja, maka boleh mengulur sedikit waktunya hingga menunggu jam istirahat dari kantor.

Baca Juga:  Dalam Islam, Ini 3 Jenis Nafkah Suami Terhadap Istri

Berjihad di Jalan Allah SWT

Amal salih kedua yang paling dicintai Allah SWT adalah berjihad di jalan-Nya. Jihad yang dimaksud bukan hanya berperang melawan musuh atau kaum yang tidak beriman, melainkan bersungguh-sungguh dalam menegakkan agama Allah SWT, seperti halnya menuntut ilmu dan membantu orang-orang kurang mampu.

Berbakti kepada orangtua juga memiliki nilai yang sama dengan jihad. Sebagaimana telah dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadisnya: “Ada seseorang yang mendatangi Rasulullah SAW, dia ingin meminta izin untuk berjihad. Rasulullah SAW lantas bertanya: ‘Apakah kedua orangtuamu masih hidup?’ Ia jawab, ‘Iya masih.’ Rasulullah SAW pun bersabda: ‘Berjihadlah dengan berbakti kepada keduanya’.” (HR Muslim)

Berbakti Kepada Kedua Orangtua

Amal salih ketiga yang paling dicintai Allah SWT adalah berbakti kepada orangtua. Ini adalah bentuk kewajiban yang harus dilakukan seorang anak untuk membalas segala jasa-jasa orangtua.

Baca Juga:  5 Doa Malam Pertama yang Perlu Pasutri Amalkan

Sebagaimana firman Allah SWT dalam ayat suci Alquran: “Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orangtuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.” (QS Al Luqman: 14)

Ketiga amalan tersebut telah dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim. Dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata:

“Aku bertanya kepada Rasulullah SAW: ‘Apakah amal perbuatan yang paling utama?’ Rasulullah SAW menjawab: ‘Melaksanakan salat pada waktunya.’ Kemudian aku bertanya, ‘Lalu apa lagi?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Berjihad di jalan Allah.’ Aku bertanya lagi, ‘Kemudian apa?’ Rasulullah SAW menjawab: ‘Berbakti kepada kedua orangtua.’ Ia berkata, ‘Demikianlah Rasulullah SAW menyebutkannya kepadaku, andai aku menambah pertanyaan, niscaya Rasulullah SAW menambahkannya’.” (HR Imam Bukhari dan Muslim)

Wallahu a’lam bishawab.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.