Lakukan 5 Cara Ini Agar Anak Suka Minum Air Putih

  • Bagikan
Lakukan 5 Cara Ini Agar Anak Suka Minum Air Putih
Ilustrasi (Orami parenting)

PortalMadura.Com – Air putih merupakan minuman yang sangat dianjurkan bagi setiap orang, tidak terkecuali anak-anak. Tapi terkadang, mereka sangat sulit ketika disuruh untuk minum air putih. Mereka justru memilih minum yang lain.

Padahal, apabila kurang minum air putih mereka bisa terkena dehidrasi. Lalu, bagaimanakah cara agar anak dengan mudah minum air putih?. Tunggu dulu, sebelum Anda melakukan penanganan, lebih baik cari tahu dulu apa penyebabnya.

Sebab, ada sebagian anak yang tidak suka dengan rasa air putih yang tawar. Selain itu, ada juga yang tidak tahu atau belum mengerti akan pentingnya air putih untuk tubuh mereka. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda kemudian bisa mendorongnya agar bisa minum air putih.

“Dari sudut pandang pediatrik, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendorong anak mau minum air putih. Para ahli mengatakan orang tua dapat membantu meningkatkan air yang diminum anak-anak mereka,” kata seorang dokter anak di West Virginia University, Linda Friehling, MD, seperti dilansir Haibunda.com yang dikutip dari WebMD.

Lantas, apa saja hal yang bisa orang tua lakukan supaya anak mau minum air putih?. Nah, berikut tips supaya anak mau minum air putih yang HaiBunda rangkum dari berbagai sumber:

Jadikan Kebiasaan

Langkah pertama dan terbaik supaya anak mau minum air putih adalah dengan mempraktikkannya di rumah sejak usia dini. Kebiasaan ini bahkan bisa ditanamkan sejak mereka mulai menerima MPASI.

Dengan kebiasaan baik tersebut, kemungkinan ia akan terbiasa melakukannya. “Orang tua menyediakan air putih rangkaian dari waktu makan dan istirahat,” kata Friehling.

Simpan Air di Wadah yang Menarik

Cara berikutnya yaitu dengan menyiapkan wadah air yang membuatnya tertarik untuk minum. Bunda bisa menyimpan air putih untuk si kecil di gelas atau botol bergambar karakter yang disukai anak.

Saat melihat kartun atau gambar kesukaannya, kemungkinan anak-anak akan lebih semangat untuk minum air putih. Selain itu, dengan menyimpannya di botol, anak juga bisa meminumnya kapan pun sesuka hatinya.

Sediakan Air Ketika Anak Haus

Berhubung rasa hausnya tidak bisa dipastikan atau tidak menentu, jadi pastikan air selalu tersedia ketika anak merasa haus. Jangan lupa, jelaskan ke anak bahwa air putih adalah pilihan yang paling tepat untuk menghilangkan haus.

Dengan Anda menjelaskan pentingnya air putih bagi tubuhnya, lama kelamaan ia akan memahami dan terus melakukannya. Sebab, apabila anak tidak diberi arahan, biasanya ia akan memilih minum air selain air putih, misalnya dalam bentuk yang manis-manis seperti teh.

Tambahkan Irisan Buah

Kalau anak tidak suka dengan rasanya yang tawar, Bunda bisa sesekali ajak anak berkreasi dengan air putih. Ajak anak untuk memilih buah-buahan yang mereka suka.

Caranya, Bunda bisa memasukkan irisan buah-buahan tersebut ke dalam air putih. Pilihan lainnya, memasukkan buah beku ke dalam air. Ini akan membuat rasa air putih akan berbeda.

Menjadi Contoh untuk Anak

Orang tua adalah panutan dan contoh bagi anak-anaknya. Jadi, untuk menanamkan agar anak bisa minum air putih adalah dengan memberi contoh yang baik juga bagi mereka.

Caranya, baik itu orang tua ataupun orang lain yang mengasuh si kecil, harus memerhatikan apa yang mereka minum. Terutama apa yang mereka minum di depan anak. Karena, anak-anak akan meniru kebiasaan yang orang tuanya lakukan.

Baca Juga : Bahayanya Minum Air Putih Berlebihan Menurut Pakar Kesehatan

Catatan, minum air putih memang baik bagi anak. Tapi, hal itu jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Karena, apabila anak minum air putih yang berlebihan akan berbahaya juga bagi tubuhnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.