oleh

Lakukan 9 Cara Ini untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

PortalMadura.Com – Tahun 2020 ini, manusia dihebohkan dengan adanya pandemi Covid-19. Berbagai cara telah dilakukan dalam menangani penyebaran virus tersebut.

Untuk itu, menjaga kekebalan tubuh bisa menjadi salah satu cara agar badan tetap sehat. Gaya hidup dan pola makan juga sangat berperan terhadap kekebalan tubuh. Nah, pastinya Anda pada bingung bagaimana cara mudah meningkatkan kekebalan tubuh?.

Berikut ini sembilan cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melansir dari laman Liputan6.Com, Rabu (22/4/2020):

Tidur Cukup

Tidur juga menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia. Kualitas tidur yang baik dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami, agar kualitas tidur menjadi baik maka buatlah suasana kamar senyaman mungkin.

Orang dewasa pada umumnya membutuhkan 7 jam atau lebih setiap tidur malam, sementara remaja membutuhkan 8-10 jam dan anak-anak yang lebih muda dan bayi hingga 14 jam.

Konsumsi Lebih Banyak Makanan Nabati

Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan nabati yang mengandung nutrisi dan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam makanan nabati dapat membantu melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

Makanan nabati selain mengandung antioksidan yang tinggi juga mengandung vitamin C yang sangat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh.

Makan Lebih Banyak Lemak Sehat

Lemak sehat dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh Anda terhadap patogen. Lemak sehat bisa ditemukan di minyak zaitun dan ikan salmon.

Minyak zaitun menjadi anti-inflamasi alami dalam mengurangi peradangan juga bisa melawan bakteri dan virus penyebab penyakit berbahaya.

Makan Lebih Banyak Makanan Fermentasi atau Minum Suplemen Probiotik

Bakteri menguntungkan yang disebut probiotik merupakan hasil fermentasi yang kaya akan bakteri baik. Bakteri ini akan mengisi saluran pencernaan Anda. Makanan-makanan ini termasuk yogurt, asinan kubis, kimchi, kefir, dan natto.

iklan hari santri

Batasi Penambahan Gula

Membatasi konsumsi gula yang berlebihan sangat dianjurkan. Konsumsi gula yang berlebih akan meningkatkan resiko obesitas dan penyakit diabetes.

Anda harus berusaha membatasi asupan gula hingga kurang dari lima persen dari kalori harian Anda. Hal ini sama dengan sekitar dua sendok makan (25 gram) gula untuk seseorang yang diet 2.000 kalori.

Olahraga Ringan

Olahraga ringan bisa dilakukan di rumah dengan mudah. Setiap orang harus melukan setidaknya 150 menit setiap minggu.

Olahraga yang bisa dilakukan di rumah yaitu push up, sit up, dan squat jump. Masih banyak olahraga lain yang bisa dilakukan di rumah sambil menikmati karantina di rumah saja.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Ini 5 Cara Mudah Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Tetap Terhidrasi

Mencegah dehidrasi penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Untuk mencegah dehidrasi, Anda harus minum cairan setiap hari setidaknya 8 gelas perhari.

Kebutuhan cairan bergantung dari aktivitas dan cuaca. Jika aktivitas Anda berat maka disarankan untuk lebih banyak minum.

Kelola Stres

Stress dapat menurunkan daya kekebalan tubuh, karena stress dapat mengeluarkan hormon stress yang mempengaruhi kekebalan tubuh.

Mengelola stress bisa dilakukan, dengan yoga, mediasi, mengaji dan berlibur. Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam mengelola stress

Konsumsi Suplemen Dengan Bijak

Sumplemen dapat memperkuat respons imun umum tubuh Anda seperti vitamin C, vitamin D dan bawang putih. Mengkonsumsi suplemen juga tidak boleh berlebihan harus secukupnya.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Liputan6.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.