oleh

Legislator Jawa Timur Minta Tembakau Diolah Menjadi Aneka Produk

PortalMadura.Com, Pamekasan – Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur, Aliyadi Mustofa mendorong agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) dapat mengolah tembakau menjadi aneka produk. Sebab, tembakau memiliki khasiat bermacam-macam, tidak sekadar untuk rokok saja.

Legislator asal Sampang Madura itu menjelaskan, tembakau memiliki berbagai kandungan yang bisa menjadi nilai tambah ekonomi. Salah satunya dapat dikembangkan sebagai produk kosmetik, serta bahan baku produk farmasi. Bahkan, tembakau bisa menghasilkan nikotin cair yang berguna untuk cairan vape atau rokok elektrik.

“Makanya kami minta agar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur untuk segera melakukan kajian proses ekstrasi tembakau. Sebab, hal ini merupakan bagian dari peningkatan pemanfaatan tanaman tembakau,” katanya, Selasa (21/7/2020).

iklan 2

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, diversifikasi tembakau akan menjadi alternatif meningkatkan nilai tambah ekonomi kepada petani di tengah harga tembakau yang tidak menentu. Bahkan, cenderung merugi. Langkah tersebut harus dilakukan oleh pemerintah agar petani tembakau tidak selalu dirugikan.

Menurutnya, pengelohan tembakau ini tidak hanya fokus kepada daunnya saja, melainkan batang pohon memiliki kandungan nikotin yang sama. Dengan demikian, dalam struktur tanaman tembakau semuanya memiliki nilai ekonomi. Artinya tidak ada unsur yang terbuang.

“Tidak ada limbah yang terbuang, semuanya bisa diuangkan. Memang membutuhkan waktu yang panjang, namun tidak ada salahnya melakukan inovasi demi kesejahteraan petani,” pungkasnya.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Oktaviana Dwi KK
Tirto.ID
Loading...

Komentar