oleh

Madura United Vs Barito Putra, Adu Strategi Dua Pelatih Asal Brasil

PortalMadura.Com, Pamekasan – Madura United akan menjalani pertandingan lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bangkalan (SGB) Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, melawan Barito Putra, Minggu (5/11/2017) kick off pukul 18.30 WIB.

Pertandingan kedua klub ini akan menjadi ajang adu strategi dua pelatih asal Brasil. Yakni Gomes de Oliveira, Madura United dan Jacksen F. Tiago, Barito Putra. Kedua pelatih ini telah lama malang melintang di dunia sepak bola Indonesia.

Gomes de Oliveira mantan pemain sepak bola Brasil kelahiran 1 Desember 1982. Gomes memulai karier sebagai pelatih pada tahun 2008, kala itu ia melatih Persebaya U-21 sampai tahun 2010. Kemudian dia menjadi asisten pelatih Persebaya Surabaya pada tahun 2009 sampai 2010.

Setelah dari Persebaya, Gomes kemudian hijrah melatih Persiwa Wamena pada 2011 sampai 2012, setelah itu menukangi Persela Lamongan pada 2013. Selanjutnya ia melatih Persiram Raja Ampat pada 2013 sampai 2014 sebelum akhirnya berlabuh menjadi juru taktik Madura United.

Sementara Jacksen Ferreira Tiago atau yang dikenal juga dengan Jacksen F. Tiago merupakan mantan striker asal Brasil lahir di Rio de Janeiro, Brasil, 28 Mei 1968. Dia pun memulai karir kepelatihan di Indonesia mulai dari Assyabaab Surabaya 2002-2003, Persebaya Surabaya dan Persita Tangerang.

Kemudian ia melatih Persiter Ternate, Mitra Kukar, Persitara Jakarta Utara, Persipura Jayapura, Indonesia sebagai asisten manager, lalu menjadi pelatih kepala timnas Indonesia tahun 2013. Ia pun melatih sebuah klub Malaysia sebelum berlabuh ke Barito Putra.

“Jarang kita komunikasi, karena kesibukan kita masing-masing. Tapi kalau ketemu, kita ngobrol. Kita selalu bersaing di lapangan, saya ingin jadi yang terbaik. Coach Gomes juga begitu,” ujar Jacksen F. Tiago.

Sementara itu, Gomes de Oliveira mengaku jika Jacksen F. Tiago merupakan pelatih yang bagus dengan strategi yang jitu. Pada leg pertama Liga 1, Barito Putra memiliki ball position yang ciamik.

“Kita sudah siapkan untuk mengatasinya (Barito Putra, red), kita harus menangkan segalanya, karena kita tujuannya jelas untuk juarai Liga ini. Sehingga kita punya inisiatif yang besar,” tutup Gomes. (Marzukiy/har)