oleh

Manfaat Air Rebusan Serai untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Daun serei atau yang lebih populer dengan daun sereh adalah tanaman yang sering digunakan sebagai penyedap atau pengharum aroma masakan. Tapi dibalik manfaat daun serai sebagai bumbu penyedap, ternyata tanaman yang satu ini juga memiliki manfaat untuk tubuh.

Cara mendapatkan manfaat sereh, Anda dapat mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung sereh. Serai juga bisa dibuat minuman, yaitu teh serai. Anda bisa membuatnya dengan memotong serai, memasukkannya ke dalam air mendidih, dan biarkan selama 10-15 menit.

Manfaat Air Rebusan Serai untuk Kesehatan

Dilansir dari laman Beritabeta.Com, Sabtu (12/9/2020) berikut manfaat air rebusan serai untuk kesehatan tubuh.

Baik untuk Pencernaan

Serai memiliki zat yang membantu menenangkan perut dan menjaga fungsi pencernaan tetap terkendali. Serai mengandung komponen yang disebut citral yang membantu mencerna makanan. Sebab itu, kebanyakan disajikan setelah makan malam.

Serai telah digunakan sebagai obat kuno untuk semua masalah perut dalam pengobatan Cina. Seperti masalah kembung, sembelit atau gangguan pencernaan.

Penuh Antioksidan

Teh serai adalah teh detoksifikasi yang dikemas dengan antioksidan. Ini dapat membantu dalam detoksifikasi dan pembersihan tubuh dari dalam. Ini membantu dalam menghilangkan racun dari tubuh dengan menghilangkan retensi cairan.

Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Serai adalah formula alami untuk menjinakkan tekanan darah tinggi. Serai kaya akan kalium yang meningkatkan produksi urin dalam tubuh, yang pada gilirannya merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

Minuman ini juga membantu dalam memurnikan hati. Serai juga dikenal membatasi penyerapan kolesterol dari usus, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lemak

Teh serai adalah pilihan yang bagus untuk rencana diet penurunan berat badan. Ini karena membantu meningkatkan metabolisme yang membuat pencernaan lebih cepat dan membantu membakar lebih banyak kalori.

Polifenol yang ditemukan dalam senyawa tumbuhan alami dan kandungan kafein dalam teh meningkatkan penggunaan energi dan meningkatkan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

Baca Juga: Obat Asam Urat Alami

Bermanfaat untuk Kulit dan Rambut

Serai adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C yang bagus. Ini merupakan nutrisi penting untuk kulit dan rambut yang indah. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, ini membersihkan kulit, merawat tekstur berminyak dan juga bekerja untuk mengobati erupsi seperti jerawat dan eksim.

Menyembuhkan Pilek dan Flu

Serai memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang membantu mengatasi pilek, batuk, dan flu. Kandungan vitamin C dapat memperkuat kekebalan tubuh. Rebus beberapa serai segar bersama dengan beberapa cengkeh, sejumput kunyit dan daun teh. Ramuan sederhana ini efektif untuk memecah lendir dan pembentukan dahak. Campuran serai, daun tulsi, dan kapulaga yang panas juga merupakan obat Ayurvedic yang umum untuk flu.

Meredakan Nyeri Haid

Teh serai dianggap sangat baik untuk kesehatan perempuan. Ini membantu mengurangi nyeri haid karena efeknya yang menenangkan. Teh serai dikenal dapat menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter mengenai konsumsinya.

Semoga informasi terkait Manfaat Air Rebusan Serai untuk Kesehatan daitas dapat membantu anda menemukan pengobatan alami.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : beritabeta.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE