oleh

Manfaat Cincau untuk Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Cincau menjadi minuman yang tak asing lagi di kalangan orang Indonesia. Cincau biasanya disajikan bersama dengan gula merah, santan, dan ditambah dengan potongan es batu untuk menambah kesegarannya.

Baik cincau hitam maupun cincau hijau, bisa dinikmati oleh segala usia karena memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Selain menjadi pelepas dahaga, minuman yang bertekstur mirip agar-agar ini memiliki banyak manfaat.

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Rabu (29/7/2020) berikut ini beberapa manfaat cincau untuk kesehatan tubuh.

Obat Antimalaria

Cincau dapat menangkal penyakit yang satu ini. Hasil penelitian ilmiah membuktikan bahwa rebusan akar tanaman cincau dapat menjadi obat malaria.

Ternyata akar cincau mengandung berbagai senyawa golongan alkoid yang menunjukkan antimalaria. Informasi ini sangat berharga dan dapat dijadikan pertimbangan untuk mendapatkan obat malaria alternatif yang berfungsi sebagai pencegahan.

Obat Demam

Tanaman cincau mengandung senyawa seperti karbohidrat, lemak, polifenol, saponin, flavonoid, alkaloid, kardioplegikum, tentradin, kalsium, fosfor, vitamin A dan B. Senyawa itu menghasilkan efek anti-demam, darah dan anti-racun.

Khusus untuk meredakan deman, Anda bisa menggunakan daun cincau. Kita perlu memetik daun cincau secukupnya lalu merebusnya dengan air bersih. Setelah itu, diamkan air rebusan sampai sedikit hangat. Saring air rebusan tersebut kemudian minum sebanyak dua kali sehari.

iklan 2

Sebagai Antibiotik

Kandungan klorofil yang dimiliki oleh cincau bisa menjadi antibiotik alami. Klorofil yang terdapat pada cincau juga dapat digunakan untuk obat antibiotik yang dapat membunuh berbagai jenis bakteri, virus, bahan makanan, dan obat-obatan. Kandungan yang terdapat pada klorofil dapat mengurangi zat-zat berbahaya pada yang menjadi penyumbatan pada pembuluh darah.

Melemaskan Otot

Minuman cincau memiliki senyawa yang dapat mengatasi masalah otot seperti otot kaku, sakit dan nyeri. Kandungan pada senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida dapat membantu mengatasi masalah pada otot. Selain itu, dapat meregangkan otot dan membuatnya mudah untuk bergerak.

Caranya dengan mengoleskan daun cincau yang sudah ditumbuk lalu oleskan pada bagian otot yang sakit atau bisa juga dari dalam dengan cara meminum rebusan air cincau hijau.

Menghilangkan Racun dari Makanan Laut

Cincau mengandung klorofil yang dapat meresap dengan mudah ke dalam aliran tubuh. Klorofil yang masuk tersebut dapat menangkal radikal bebas.

Saat kita memakan makanan laut seperti cumi dan udang, zat klorofil akan menetralisir racun yang terkandung di dalamnya. Minuman cincau mengandung senyawa antioksidan yang dapat menghilangkan racun-racun itu dan membuat tubuh kita bersih darinya.

Mencegah Osteoporosis

Cincau mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor yang tinggi. Senyawa-senyawa itu dapat digunakan untuk meregenerasi tulang keropos dan mencegah osteoporosis.

Osteoporosis biasanya dialami pada usia 30 tahunan ke atas. Tulang keropos tersebut nantinya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jadi, dengan mengonsumsi cincau dapat mencegah masalah osteoporosis datang lebih cepat.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar