Manfaat Daun Balakacida Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com – Apakah Anda tahu , padahal banyak manfaat daun balakacida bagi kesehatan?. Tanaman yang memiliki nama Chromolaena odorata ini merupakan tanaman yang mungkin kurang familiar. Biasanya, ia disebut juga dengan kirinyuh.

Tanaman balakacida merupakan salah satu jenis tanaman gulma atau pengganggu yang berasal dari family asteraceae. Ciri daunan ini berbentuk oval dan bergerigi di bagian tepinya. Tidak hanya itu, daun ini memiliki tekstur sedikit kasar berbeda dengan jenis dedaunan pada umumnya, tanaman ini juga memiliki bunga dan akan berbunga di setiap musim kemarau.

Perlu Anda ketahui, tanaman balakacida memiliki manfaat yang luar biasa di dunia pertanian. Tanaman ini bisa dijadikan sebagai pupuk organik, biopestisida, dan obat-obat tradisional. Daun balakacida memiliki banyak kandungan zat dan nutrisi. Adapun kandungan pada daun balakacida, meliputi: Fenol, alkaloid, triteperoid, tannin, flavonoid, limonen.

Manfaat Daun Balakacida Bagi

manfaat daun balakacida

Daun balakacida sering dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal. Anda penasaran dengan apa saja manfaat dari daun balakacida?.Dilansir dari PortalMadura.Com, Sabtu (29/2/2020) dari laman manfaat.co.id. Berikut manfaat yang perlu Anda ketahui:

Obat Kista

Bagi Anda yang mempunyai penyakit kista, daun balakacida sangat berfungsi untuk menyembuhkan kista dengan efektif.

Mencegah Kanker Serviks

Salah satu penyakit yang paling mematikan bagi kaum wanita adalah penyakit kanker serviks. Untuk mencegah penyakit tersebut Anda bisa meminum teh balakacida.

Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Kesehatan alat reproduksi salah satu hal yang penting diperhatikan, untuk menjaga kesehatannya Anda bisa meminum air rebusan dari daun balakacida.

Mencegah Diabetes

Daun balakacida juga bisa mencegah diabetes.

Obat Vertigo

Vertigo merupakan salah satu penyakit yang tidak dapat disepelekan, penyakit ini hanya dapat berujung di rumah sakit saja tetapi juga kematian. Anda dapat mengobatinya dengan meminum air rebusan daun balakacida saat vertigo Anda kambuh.

Baca Juga : Manfaat Daun Mangkokan, Obat Berbagai Keluhan Kesehatan

Obat Maag

Tidak hanya mampu mencegah kambuhnya penyakit maag, daun balakacida dipercaya dapat mengobati maag jika dikonsumsi secara berkala.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung itu sangat penting. Oleh karena itu, agar jantung selalu sehat dan terhindar dari penyakit Anda bisa menggunakan daun balakacida.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika Anda ingin menurunkan kadar kolesterol, Anda bisa meminum air rebusan daun balakacida ketika kadar kolesterol Anda naik ataupun setelah mengonsumsi seafood.

Obat Asam Urat

Tidak hanya itu, daun balakacida juga bisa digunakan sebagai obat asam urat.

Baca Juga : Ini 5 Obat Asam Urat Alami yang terbukti Ampuh

Manfaat Daun Balakacida Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Selain itu, daun balakacida juga mampu menurunkan tekanan darah dan ini bermanfaat bagi Anda yang memiliki hypertensi.

Menjaga Kesehatan Lambung

Kandungan nutrisi yang ada di dalam daun balakacida sangat baik bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit ataupun gangguan pada lambung.

Manfaat Daun Balakacida Sebagai Obat Sakit Kepala

Daun balakacida juga bisa mengobati berbagai macam sakit kepala seperti migrain dan pusing.

Mencegah Kanker Payudara

Selain bisa mencegah kanker serviks, daun balakacida juga mampu mencegah kanker payudara.

Melancarkan Peredaran Darah

Daun balakacida juga dapat melancarkan peredaran darah Anda sehingga Anda akan jarang mengalami kram dan kesemutan.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang melakukan ataupun ingin memiliki berat badan yang ideal, Anda juga bisa mengonsumsi daun balakacida.

Obat Luka

Daun balakacida juga bisa mengobati luka, caranya, Anda bisa menumbuk daun dan menempelkannya di bagian tubuh yang terluka.

Manfaat Daun Balakacida Sebagai Obat Jerawat

Sama dengan cara mengobati luka, untuk mengobati jerawat Anda tinggal menumbuk dan menempelkannya pada jerawat Anda.

Itulah berbagai manfaat daun balakacida yang perlu Anda ketahui bersama. Semoga bermanfaat dan selalu menambah wawasan Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.