Manfaat Sayur Gambas bagi Kesehatan Tubuh Anda

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat Sayur Gambas
Ilustrasi (Burungnya.com)

PortalMadura.Com – Di antara beberapa jenis sayuran yang ada, pernahkah Anda menikmati ?. Sayuran yang mempunyai bentuk bulat, panjang, dengan warna hijau ini mirip seperti sayur terung atau timun.

Teksturnya itu renyah dan garing pada bagian kulitnya, serta lembut pada bagian tengah dan bijinya. Jadi, sangat cocok dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Apalagi sayur gambas termasuk makanan kaya serat yang memiliki dampak positif bagi , maka disarankan untuk mengonsumsinya.

Manfaat Sayur Gambas bagi Kesehatan

Lantas, apa saja manfaatnya?. Dilansir PortalMadura.Com, Senin (2/3/2020) dari laman pkugamping.com, ini dia beberapa manfaat sayur gambas atau oyong, ceme secara umum, antara lain :

1. Melancarkan peredaran darah
2. Membantu menyembuhkan radang usus
3. Membantu menyembuhkan radang tenggorokan
4. Membantu menyembuhkan radang rongga telinga
5. Membantu menyembuhkan cacingan
6. Memperbanyak kandungan ASI pada ibu yang sedang menyusui.

Sebagai salah satu jenis sayuran hijau, tentu saja sayur gambas menyimpan berbagai nutrisi dan manfaat yang baik bagi tubuh. Apa saja kandungan gizi tersebut?. Dan apa manfaatnya bagi tubuh Anda?. Berikut ini kandungan gizi dan manfaat lain yang terkandung pada sayur gambas :

Vitamin A

Sayur gambas memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, ia merupakan makanan yang mengandung vitamin A paling tinggi , dan membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A setiap harinya.

Sayur gambas sendiri mengandung 380 IU Vitamin A per 100 gr penyajian sayur gambas. Hal ini tentu akan membantu pemenuhan kebutuhan vitamin A dalam sehari. Berikut ini manfaat dari vitamin A :

– Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh
– Membantu merawat dan mencegah gangguan pada mata
– Memperhalus kulit
– Dapat menangkal penyakit malaria
– Zat anti aging
– Anti Oksidan

Vitamin B1

Mungkin kandungan vitamin B1 di dalam sayur gambas tidak terlalu banyak, namun tetap saja dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B1. Dalam 100 gr penyajian sayur gambas, terkandung 0.03 mg vitamin B1. Vitamin B1 sendiri dapat memberikan manfaat :

– Membantu proses oksidasi di dalam tubuh
– Memberikan energy bagi tubuh
– Menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga: 8 Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami di Rumah

Vitamin C

Sayur gambas merupakan jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Walaupun memang tidak setinggi kandungan vitamin C pada buah–buahan, namun tetap saja kandungan vitamin C pada sayur gambas dapat Anda andalkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Perlu Anda ketahui, dalam 100 gr sayur gambas mengandung 8 mg Vitamin C bagi tubuh. Berikut ini manfaat dari vitamin C untuk tubuh Anda :

– Menjaga daya tahan tubuh
– Mempercepat penyembuhan luka
– Mencegah terjadinya sariawan dan panas dalam
– Menurunkan kandungan kolestrol dalam tubuh
– Mencegah terjadinya berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan hipertensi.

Zat Besi

Sayur gambas, ternyata juga memiliki kandungan zat besi yang lumayan untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh Anda. Dalam 100 gr sayur gambas, terkandung 1 mg zat besi. Zat besi ini memiliki fungsi untuk membantu menambah daya tahan tubuh dan baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Kalsium

Beberapa sayuran hijau memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tubuh. Walaupun memang tidak setinggi kalsium yang terkandung pada produk susu, namun paling tidak kalsium yang terkandung dalam sayur gambas dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. 100 gr sayur gambas mengandung 19 mg kalsium. Sedangkan kalsium sendiri berguna untuk :

– Membantu pertumbuhan tulang
– Menjaga kesehatan tulang dan gigi
– Mencegah osteoporosis

Fosfor

Kandungan lain yang juga penting bagi tubuh yang terdapat di dalam sayur gambas adalah kandungan fosfor. 100 gr sayur gambas memiliki 33 mg zat fosfor. Apa saja manfaat fosfor bagi tubuh Anda?. Berikut ini manfaatnya :

– Membantu menjaga kekuatan tulang
– Mencegah osteoporosis
– Membantu pertumbuhan tulang dan gigi

Selain ke– 6 bahan utama di atas, sayur gambas juga memiliki kandungan–kandungan gizi lain yang juga berguna bagi tubuh Anda, meskipun hanya sedikit, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh dari protein, karbojidrat dan lemak :

– Menambah tenaga
– Membantu pertumbuhan otot
– Sebagai sumber kalori utama untuk beraktivitas

Baca Juga : Wow, Ternyata Sayur Oyong Punya Segudang Manfaat Bagi Kecantikan

Sebagaimana yang diketahui, sayur gambas memiliki banyak sekali manfaatnya. Dan juga perlu diperhatikan bahwa, sayur gambas merupakan jenis sayuran yang memiliki nutrisi tinggi, namun dengan kandungan lemak, karbohidrat dan kalori yang rendah, sehingga sayur gambas dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin melakukan sehat.

– 100 gr sayur gambas mengandung hanya 18 kkal, jumlah yang rendah untuk jenis sayuran yang memiliki banyak sekali nutrisi baik bagi tubuh.
– Kandungan lemak pada sayur gambas hanya sebanyak 0.2 gr per 100 gr penyajian sayur gambas.
– Dalam 100 gr sayur gambas, kandungan karbohidratnya cukup rendah, yaitu hanya sekitae 4.1 gr saja.

Untuk lebih memperoleh manfaat dari sayur gambas, Anda dapat menambahkan bahan–bahan makanan lain yang bergizi tinggi ke dalam sayur gambas, seperti ; bawang merah dan bawang putih, daging ayam atau sapi, telur, kaldu ayam murni.

Itulah sejumlahManfaat Sayur Gambas bagi Kesehatan . Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.