oleh

Masya Allah! 6 Buah Ini Tercatat dalam Alquran

PortalMadura.Com – Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan melalui Nabi Muhammad SAW. Semua hal yang diatur di dalamnya termasuk jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (20/12/2019) dari laman okezone.com yang dikutip dari beberapa sumber. Berikut beberapa jenis buah yang terdapat dalam Alquran dan bermanfaat bagi tubuh:

Buah Tin

“Demi buah tin dan buah zaitun”. QS. At Tin
Buah yang terdapat dalam surah At-Tin ini dikenal dengan buah dari surga. Selain mampu membunuh bakteri, buah tin mengandung nutrisi yang tinggi dan lengkap, baik itu nutrisi dalam bentuk vitamin ataupun mineral sehingga dapat mencegah kanker ataupun masalah pencernaan. Meskipun manis, buah tin juga cocok dikonsumsi ketika diet.

Kurma

“Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: ‘Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah….” (QS. Maryam : 24-26)

Kurma merupakan buah khas timur tengah yang sering dijumpai selama bulan Ramadan. Buah ini sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa karena mengandung kadar glukosa dan fruktosa yang tinggi dan dapat menggantikan energi yang hilang. Kurma juga bisa membantu membunuh dan mengurangi jumlah cacing dalam tubuh.

Zaitun

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11)

Zaitun merupakan salah satu tanaman yang bermanfaat bagi manusia. Zaitun dapat menyehatkan fungsi hati karena klorin yang terkandung di dalamnya. Selain itu, zaitun juga dapat melancarkan saluran pencernaan.

Tidak hanya buahnya, Zaitun juga dapat diambil minyaknya. Olahan minyak zaitun dapat dijadikan sebagai bahan pelengkap makanan sehat.

Baca juga: Kelebihan Beban, Truk Angkut Rongsokan Terguling di Sampang

 Pisang

“Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),” (QS. Al-Waqi’ah : 29)
Pisang merupakan buah yang kaya akan serat yang sangat membantu sistem pencernaan manusia. Dalam Alquran, pisang disebut sebagai salah satu buah-buahan surga. Dalam dunia kesehatan, pisang memang tinggi akan potassium, vitamin B6, zat besi dan baik untuk sistem pencernaan.

Anggur

“Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11)

Buah yang berbentuk bulat dengan warna hijau dan ungu ini sangat mudah dijumpai di pasar maupun supermarket. Anggur memiliki gizi yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gangguan lambung. Anggur juga bisa di-jus dan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan keracunan, kelelahan dan juga penyakit batu ginjal.

Delima

Sama seperti kurma dan zaitun, buah delima memiliki gizi dan nilai kalori yang cukup baik. Buah delima juga mengandung potassium yang tinggi sama seperti pisang. Lemak buah delima kaya akan natrium, fosfor, kalium, zinc, sodium dan aneka vitamin seperti (A, B1, B2, B3 dan C) yang dapat mencukupi nutrisi yang dibutuhkan manusia.

Bukan hanya kaya gizi, buah delima juga berfungsi sebagai obat alami. Seperti diare, sakit telinga, penglihatan yang buruk, demam, gangguan gigi dan gusi.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com

Komentar