Masya Allah, Ternyata Ini 4 Manfaat Baca Surah Al Waqiah Setelah Salat Subuh

Avatar of PortalMadura.com
Masya-Allah,-Ternyata-Ini-4-Manfaat-Baca-Surah-Al-Waqiah-Setelah-Salat-Subuh
Ilustrasi (umroh.com)

PortalMadura.Com – Hampir semua surah dalam Alquran memiliki keistimewaan dan manfaat tersendiri bagi pembacanya. Namun, salah satu surah yang sangat ingin diketahui oleh umat Muslim yaitu . Pasalnya, surah ini mempunyai banyak manfaat apabila dibaca setelah subuh.

Sebagaimana diketahui, Al Waqiah merupakan surah ke-56 di dalam kitab suci Alquran yang berisi 96 ayat. Arti dari surah ini yaitu “Hari Kiamat”. Surah Al Waqiah termasuk golongan Makkiyyah atau turun kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam di Kota Makkah, Arab Saudi.

Langsung saja, berikut ini manfaat membaca Surat Al Waqiah setelah salat subuh seperti yang disebutkan dalam beberapa hadis Nabi Shallallahu alaihi wassallam sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (10/6/2022) dari laman Okezone.com:

Tidak akan Tertimpa Kemiskinan

قَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ: أَخْبَرَنِي السُّرِّي بْنُ يَحْيَى أَنَّ شُجَاعًا حَدَّثه، عَنْ أَبِي ظَبْيَة، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقُولُ: “مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا”

Abdullah ibnu Wahb mengatakan, telah menceritakan kepadaku As-Sirri ibnu Yahya, bahwa Syuja' pernah menceritakan hadis ini dari AbuZabyah, dari Abdullah ibnu Mas'ud yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: Barang siapa yang membaca Surat Al Waqi'ah setiap malam, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

Membuat Rambut Rasulullah Beruban

قَالَ أَبُو إِسْحَاقَ عَنْ عِكْرِمَة، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ أَبُو بَكْرٍ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَدْ شبتَ؟ قَالَ: “شيَّبتني هُودٌ، وَالْوَاقِعَةُ، وَالْمُرْسَلَاتُ، وعَمَّ يَتَسَاءَلُونَ، وَإِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ”.

Abu Ishaq telah meriwayatkan dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, bahwa sahabat Abu Bakar pernah bertanya, “Wahai Rasulullah, engkau kelihatan telah beruban.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menjawab, “Telah membuatku beruban Surat Hud, Surat Al Waqi'ah, Surat Al Mursalat, Surat An-Naba, dan Surat At-Takwir.” Imam Turmuzi telah meriwayatkan hadis ini, dan ia mengatakan bahwa predikat hadis ini hasan garib.

Syeikh Abdullah Al Faqih menjelaskan alasan Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan hal itu karena pada ayat-ayat ini terdapat kandungan menakut-nakuti terhadap azab akhirat dan menceritakan tentang gambaran surga. (Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyyah nomor 13140)

Pengingat Hari Kiamat

Surat Al Waqiah mengajarkan kepada manusia akan pastinya hari kiamat. Di awal Surat Al Waqiah digambarkan dengan terjadinya hari kiamat yang tanpa seorang pun dapat menyangkalnya.

Ada tiga golongan manusia yang akan menerima balasan sesuai apa yang mereka perbuat semasa hidup di dunia.

Kenikmatan Surga

Dalam Surat Al Waqiah digambarkan sifat-sifat surga bagi orang-orang taat kepada Tuhannya baik bagi kelompok orang-orang dulu atau As-Sabiquun maupun kelompok kedua yang taat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala yang disebut Ashabul Yamin.

Disebutkan bahwa kelompok As-Saabiqun mereka kekal di surga dengan berbagai kenikmatan yang diperolehnya yakni dipan-dipan atau tempat tidur yang berlapiskan emas dan permata serta dilayani para bidadari yang setia tanpa tersentuh ketuaan.

Sedangkan bagi kelompok kedua atau Asyhabul Yamin, mereka dimanjakan dengan pohon bidara dan pohon pisang yang selalu tersedia serta kasur-kasur yang terbentang luas. Mereka juga disandingkan dengan pasangan hidup yang tiada taranya dibandingkan saat di dunia. Wallahu a'lam bisshawab.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.