Tak Boleh Lakukan 5 Hal Ini agar Kopling Motor Awet

Avatar of PortalMadura.com
Tak Boleh Lakukan 5 Hal Ini agar Kopling Motor Awet
Ilustrasi (Deltalube)

PortalMadura.Com – Sekarang motor jenis kopling mulai banyak diminati lagi. Penggemarnya biasanya tergabung dalam beberapa komunitas. Sebagaian besar dari mereka sering melakukan tour bersama untuk menjajal motor yang digunakan.

Motor jenis kopling ini harus dirawat secara rutin agar performanya tidak turun. Biasanya jika kendaraan digunakan dalam pemakaian normal, usianya bisa sampai dua tahun, baru pengendara dapat melakukan pergantian.

Namun terkadang karena beberapa kesalahan yang dilakukan pengendara, kondisi bisa cepat rusak. Lantas, hal apa saja yang tidak boleh dilakukan agar kopling motor awet? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip laman resmi Astra Motor, berikut ini penjelasannya:

Terlalu Sering Membuka atau Tutup Kopling

Kejadian ini jelas saja merupakan tindakan yang salah, walaupun pada dasarnya tidak menjadi masalah pada mesin ataupun gear yang digunakan untuk berkendara jika hanya sesekali saja.

Akan tetapi sebaiknya hindari betul hal semacam ini agar tidak merusak kampas kopling. Terlebih jika pengendara juga menghentak-hentakkan tuas gas, yang menjadikan perputaran mesin yang terhubung pada kampas menjadi lebih kencang, sehingga tingkat kecepatan yang harus ditahannya lebih besar.

Menggantung Tuas Kopling atau Menutup Kopling Setengah Untuk Pindah Gigi

Perilaku pengendara buruk berikutnya yang harus dihindari agar kampas kopling tidak cepat aus lainnya yakni menghindari untuk menggantung tuas kopling. Beberapa pengendara kebiasaan untuk melakukan ini, lantaran agar mudah untuk masuk ke gigi berikutnya atau mungkin ingin berkendara santai dalam keadaan kopling yang tinggi.

Dan kalau memang ingin memasukkan ke gigi berikutnya, sebaiknya pengendara menekannya secara mantap tuas kopling tersebut, agar kampas kopling bisa memberikan celah sepenuhnya untuk masuknya gear selanjutnya.

Jika sudah, bisa langsung dilepaskan saja sepenuhnya, kecuali memang dalam beberapa kondisi darurat yang dibutuhkan untuk menekan tuas kopling selama beberapa saat.

Kebiasaan Menahan Tuas Kopling di Waktu Berhenti atau Jalan Turunan

Hal yang harus dihindari oleh pengendara berikutnya yakni menahan tuas kopling secara terus menerus, ini bisa membuat kampas kopling lebih cepat aus ketimbang keadaan biasanya. Pengendara melakukan ini biasanya saat berhenti lama, seperti berada di lampu merah misalnya.

Kemudian pengendara menahan tuas kopling dalam keadaan posisi gigi masih masuk. Jelas ini tidak sehat untuk kendaraan kalian sendiri.

Tidak Ada Jeda Sama Sekali

Kebiasaan yang harus mulai dibiasakan oleh pengendara motor sporty yakni melakukan jeda berhenti sekitar 1 menitan, dimana pada dalam keadaan ini tuas kopling bisa dibiarkan saja dan posisi gigi berada dalam keadaan netral.

Setelan Kopling Terlalu Dekat

Mungkin ini bukan salah pengendara, dan jika diservis di tempat yang paham maka akan tidak terjadi setting gerigi terlalu dekat seperti ini.

Memang sih untuk posisi semacam ini bisa lebih mudah dalam melakukan perpindahan gigi, akan tetapi pengendara harus terus menerus menekan tuas kopling saat berada di kecepatan rendah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.