oleh

Menu Siang: Resep Ikan Tongkol Kuah Gulai Pedas

PortalMadura.Com – Apa Anda suka makan ikan? Salah satu ikan yang punya banyak manfaat adalah ikan tongkol. Ikan tongkol merupakan ikan berlemak yang kaya akan omega-3 dan vitamin D. Nutrisi-nutrisi di dalam ikan tongkol bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, sekaligus meningkatkan kinerja otak.

Ikan tongkol juga bisa dinikmat sekali dibuat menjadi berbagai masakan, salah satunya hidangan berkuah. Apalagi buat menu makan siang Anda dengan olahan ikan tongkol sepertinya lebih menarik. Gulai tongkol dengan kuah pedas dengan irisan blimbing wuluh paling pas jika dinikmati bersama keluarga.

iklan pilbup

Berikut ini ada resep membuat gulai tongkol pedas, seperti yang dilansir fimela.com.

Bahan-bahan:
6 ekor ikan tongkol
15 biji blimbing wuluh (potong-potong)

Bumbu:
5 siung bawang putih
8 siung bawang merah
6 cabai rawit
2 buah cabai merah
3 cm kunyit
Garam seckupnya
Gula secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
400 ml santan kelapa
400 ml air

Cara Membuat:
Bersihkan ikan tongkol dari perutnya. Buang bagian kepalanya dan belah jadi 2 bagian serta buang durinya. Goreng ikan tongkol hingga berwarna kecokelatan, jangan terlalu kering. Goreng bawang putih, bawang merah, cabai warit, cabai merah dan kunyit.

Kemudian haluskan bumbu yang telah digoreng hingga halus. Tumis bumbu dengan sedikit minya, tumis hingga beraroma harum. Masukkan air, garam, gula dan penyedap rasa. Biarkan hingga mendiih. Masukkan tongkol dan campur hingga rata, biarkan beberapa saat.

Masukkan santan dan potongan belimbing wuluh. Masak hingga gulai mendidih, dan matikan kompor. Sajikan gulai ikan tongkol pedas. Selamat mencoba!

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar