Mimpi Basah Saat Puasa, Batalkah?

Avatar of PortalMadura.com
Mimpi Basah Saat Puasa, Batalkah?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seluruh umat Islam yang sudah memenuhi syarat diwajibkan melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadan. Selama berpuasa mereka tidak hanya menahan rasa lapar dan haus saja, tapi juga harus memerhatikan beberapa hal yang bisa .

Nah, salah satu hal yang bisa membatalkan puasa umat Islam adalah keluar air mani secara disengaja. Lantas, bagaimana jika keluar mani diakibatkan ?.

Dilansir dari laman Okezone.com, Rabu (6/5/2020), menurut Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Masjid Istiqlal, Ustaz Abu Hurairah Abdul Salam menuturkan, bahwa keluarnya air mani karena mimpi basah tidak membatalkan puasa. Sebab hal itu bukanlah sesuatu yang disengaja.

“Air mani atau sperma yang keluar tanpa disengaja hukumnya tidak sampai membatalkan puasa seseorang. Seperti yang sering disebut dengan istilah mimpi basah pada siang hari di bulan Ramadan, sebab orang yang tidur tidak punya kuasa mengendalikan mimpinya,” ujarnya.

Ustaz Abu Hurairah Abdul Salam melanjutkan, lain halnya jika seseorang dengan sengaja mengeluarkan air maninya. Maka hal ini akan membatalkan puasanya. “Baik dengan cara onani maupun dengan cara bercumbu dengan pasangannya hingga keluar maninya,” terangnya.

Baca Juga: Benarkah Wanita Wajib Mandi Setelah Mimpi Basah?

Sementara itu, dikutip dari chanel Youtube resmi Al-Bahjah TV milik pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, Kiai Yahya Zainul Ma'arif (Buya Yahya) mengatakan, bersenggama adalah salah satu penyebab batalnya puasa, yakni masuknya kemaluan laki-laki terhadap kemaluan perempuan dengan cara disengaja.

“Dia tahu dia puasa malah sengaja (bersenggama), kalau dia lupa sedang puasa lain cerita,” ucapnya.

Namun, lain halnya pula jika seseorang tengah tertidur dan mimpi basah, sehingga tanpa disadari keluarlah air maninya. Perbuatan tersebut termasuk tidak disengaja dan puasanya pun masih sah dijalankan.

“Kemudian jika ada orang mimpi basah keluar mani tidak batal puasanya karena tidak sengaja. Lagi tidur di siang hari tiba-tiba mimpi basah dilihat ada air mani, tidak batal puasanya,” tutupnya. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.