Mobil Listrik Bakal Dapat Subsidi dari Pemerintah

Avatar of PortalMadura.com
Mobil Listrik Bakal Dapat Subsidi dari Pemerintah
Jokowi mencoba mesin charger mobil listrik setelah groundbreaking pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat,(AGUS SUPARTO/SETPRES)

PortalMadura.com- Kabar bagik buat anda yang ingin membeli mobil listrik, karena saat ini Pemerintah tengah membahas Mobil Lsitrik.

PortalMadura.com mengutip dari laman liputan6.com, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan pemerintah saat ini sedang menyiapkan insentif untuk memberikan subsidi bagi masyarakat untuk membeli kendaraan listrik.

“Iya. Sekarang kan mekanismenya sedang digodok, sedang dibahas,” ujar Arifin Tasrif beberapa waktu lalu di Jakarta, dikutip Minggu (18/9/2022).

Pemerintah terus mendorong transisi dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik untuk menciptakan emisi yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, Arifin mengatakan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai juga lebih hemat biaya dibandingkan kendaraan berbahan bakar konvensional.

“Contohnya, sekarang ini Pertalite, bensin Rp 10.000 untuk 30 km. Sekarang kalau pakai listrik 1 kWh bisa juga 30 km. Sekarang kalau nge-charge listrik kan enggak sampai Rp 2.000. Sedangkan kalau pakai bensin Rp 10.000. Jadi hemat Rp 8.000,” bebernya.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo juga berjanji akan mempercepat adopsi kendaraan listrik. Hal itu diwujudkan melalui terbitnya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 yang merupakan arahan pemerintah secara menyeluruh untuk mengubah kendaraan dinas menjadi kendaraan listrik.

Arifin menilai kebijakan tersebut bisa menjadi batu loncatan untuk memperluas penggunaan kendaraan listrik di masyarakat.

“Paling enggak gini, kalau kendaraan listrik sekarang udah dapat keringanan-keringanan fiskal di sisi hulu. Ke depan, memang instansi pemerintah ke depan akan gunakan kendaraan listrik,” Ungkapnya lebih lanjut. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.