oleh

Muslim, Inilah 7 Hikmah Larangan Berzina Oleh Islam Yang Wajib Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Islam memandang perzinaan sebagai dosa besar yang dapat menghancurkan tatanan kehidupan keluarga dan masyarakat. Perbuatan ini sangat dicela agama dan dilaknat oleh Allah.

Bahkan, dosa berzina pasti akan mendapatkan hukuman di dunia dan akhirat. Hukuman di dunia bagi pelaku zina dikenakan sanksi berat berupa rajam. Itulah sebabnya Islam sangat melarang pengikutnya untuk melakukan perbuatan tersebut.

Sebenarnya, ada hikmah dibalik larangan dari perbuatan keji ini. Tentunya hal tesebut berdampak baik kepada individu dan tatanan masyarakat.

Berikut tujuh hikmah dari larangan berzina:

Menjaga Kehormatan Perempuan
Hikmah pertama dari larangan perbuatan zina, yaitu untuk menjaga kehormatan seorang wanita supaya tidak menjadi barang yang diperjualbelikan.

Hal tersebut dikarenakan Islam adalah agama yang sangat memuliakan manusia, baik yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan. Larangan perbuatan zina merupakan salah satu bentuk penghormatan bagi kaum wanita.

Sejak hadirnya Islam, sosok wanita menjadi makhluk yang mulia dan selalu dijaga. Mengingat pada zaman jahiliyah, banyak wanita yang diperlakukan secara tidak manusiawi. Bahkan mereka juga dianggap sebagai benda dan pemuas laki-laki. Mereka juga beranggapan bahwa memiliki anak perempuan merupakan aib bagi sebuah keluarga. Itulah salah satu hikmah di balik haramnya berzina dalam Islam.

Mencegah Pencampuran Nasab (Keturunan)
Hikmah diharamkannya perbuatan zina yang kedua, yaitu untuk mencegah pencampuran nasab. Apabila zina diperbolehkan maka itu berarti memasukkan anak yang bukan benih ke dalam keluarga yang nantinya akan mewarisi harta keluarganya.

Tentu saja mereka akan memperlakukannya sebagai mahram padahal anak tersebut bukanlah mahramnya. Anak yang berasal dari hubungan berzina tidak bisa mendapatkan waris.

Mencegah Banyaknya Anak yang Terlantar
Dengan melakukan perbuatan zina, kemudian akan lahirlah anak sebagai hasil perbuatan zina. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa zina itu dilarang agar mencegah banyaknya anak yang ditelantarkan oleh orangtuanya lantaran malu karena mempunyai anak hasil perzinaan.

Selain itu, larangan zina juga berguna untuk melindungi bayi-bayi yang dibunuh oleh ibunya sendiri ketika masih dalam kandungan (aborsi).

Menjaga Keutuhan dan Ketenteraman Dalam Rumah Tangga
Hikmah larangan berzina untuk menjaga keutuhan dan ketentraman dalam hubungan suami istri. Jika salah satunya melakukan perbuatan zina tentu saja akan menghancurkan keutuhan rumah tangganya.

Di dalam Islam apabila salah satu dari suami atau istri melakukan zina, maka mengisyarakat bahwa orang tersebut tidak dapat menjaga kehormatan dan wajib untuk diceraikan.

Komentar