Muslimah, Anda Belum Qada Utang Puasa Ramadhan? Ini Caranya

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Secara bahasa kata atau Qadha berarti ‘melaksanakan atau memenuhi' entah itu kewajiban atau amalan sunah. Sedangkan menurut istilah adalah sebuah ibadah yang dilakukan diluar dari waktu yang telah ditentukan menurut aturan syar'i karena adanya uzur, misalnya mengganti puasa ramadan.

Banyak kaum muslimin yang bersemangat untuk beramal shalih pada bulan ramadan, karena segala amal ibadah mendapat ganjaran yang berlipat-lipat ganda. Hanya pada bulan Ramadhan sajalah umat muslim bisa menemui malam yang lebih baik dari seribu bulan. Tidak heran jika orang muslim semakin bersemangat menabung pahala di bulan ini.

Akan tetapi bagi para wanita, ada saja halangannya seperti haid yang tidak dapat dielakkan, namun memerlukan perhatian khusus. Tidak sedikit kaum wanita yang masih bingung ketika dihadapkan dengan masalah-masalah kewanitaan. Jika Anda termasuk bagian dari mereka, berikut ini akan dijelaskan solusinya:

Wanita memiliki hutang puasa tetapi belum mengqadanya dalam hal ini terdapat tiga kemungkinan, yaitu:

Pertama: Keadaan wanita tersebut tidak memungkinkan untuk segera mengqada puasanya pada Ramadan yang lalu hingga datang Ramadan berikutnya, misal: karena alasan sakit. Dalam masalah ini, terdapat dua kondisi, yaitu:

Kondisi 1: Apabila wanita tersebut meninggalkan kewajiban puasa dan menunda qadha puasanya karena ketidak mampuannya, maka wajib baginya untuk mengqadha hari-hari yang ditinggalkannya itu saat dia telah memiliki kemampuan untuk mengqadhanya. Hal ini berdasarkan firman Allah ta'ala yang artinya,

Dan barang siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain,” (Qs. Al-Baqarah: 185).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.