oleh

Muslimah, Jangan Lakukan 3 Kesalahan yang Membuat Allah Murka

PortalMadura.Com – Ada banyak hal yang terkadang dianggap remeh oleh perempuan muslimah. Karena mungkin keadaan ini biasa dilakukan, padahal ternyata bisa menimbulkan dosa atau berakibat murka Allah SWT.

Oleh karena itu, sebagai perempuan muslimah harus tahu apa saja kesalahan yang bisa membuat Allah murka. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari Tebuireng Online, berikut penjelasannya:

Membuka Aurat di Hadapan Kerabatnya

Seringkali terjadi kepada kaum wanita ketika dia sedang berada dengan laki-laki yang bukan mahramnya saperti sepupu, tetangga, teman laki-laki, dan hal ini masih banyak dianggap remeh dengan berlandasan “halah cuman sepupu, halah cuman tetangga”.

Aurat merupakan sesuatu yang sangat berharga dan harus dijaga dari pandangan-pandangan orang lain yang bukan mahram.
Saudara sepupu bukanlah mahram karena ikatan saudara sepupu masih bisa untuk dinikahkan. Begitu pula tetangga, sedekat apapun tetangga laki-laki tetaplah dia seorang laki- laki yang bukan mahram Anda dan sangatlah haram Anda memperlihatkan aurat Anda kepada mereka.

Allah SWT memerintahkan kepada para wanita untuk menutup aurat saat keluar rumah sebagai salah satu cara untuk terhindar dari fitnah dan kejahatan-kejahatan laki-laki hidung belang.

Sebagaimana firman Allah SWT di dalam Al- Quran Surat Al-Ahzab ayat 36 : “Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang beriman dan tidak pula bagi Perempuan yang beriman. Apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan yang lain tentang urusan mereka dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-nya, maka sesungguhnya dia telah tersesat dengan sesat yang nyata. (QS Al-Ahzab: 36)

Menggunakan Harta Suami Tanpa Seizinnya

Allah SWT sangat melarang kepada para istri yang menggunakan harta suaminya tanpa seizinnya, sehingga ketika ada seorang istri yang telah melanggar larangan tersebut, berarti dia telah melanggar perintah Allah SWT dan aturan-aturan Islam.

Sekecil apapun nominal tersebut jikalau masih beratas nama harta suami dan belum berhak untuk dibelanjakan seorang istri, maka larangan tersebut masih berlaku. Dalam keadaan genting pun, seorang istri harus meminta izin kepada suaminya sekalipun meminta izin sesudah menggunakan harta tersebut.

Kecuali ketika seorang suami tidak memberikan nafkah kepada istrinya dan juga anaknya, maka seorang istri boleh mengambil harta suaminya tanpa izin dari suaminya akan tetapi dengan syarat secukupnya sesuai dengan kebutuhanya, karena harta tersebut adalah milik suami dan tidak boleh diambil sesuka hati.

Makan dan Minum Secara Berlebihan

Hal tersebut merupakan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT dan Rasul-Nya, karena dari makan dan minum yang berlebihan tersebut dapat menyebabkan kemalasan dan membuang-buang harta.

Dan hendaknya berperilaku dengan sederhana dalam makan dan minum, karena sesungguhnya hal tersebut akan lebih baik bagi tubuh dan jauh dari pemborosan, sesungguhnya Allah SWT membenci orang yang membuang-buang hartanya yang bukan dalam urusan akhirat seperti membeli makanan dan minuman yang berlebihan untuk dirinya sendiri tanpa berbagi kepada sesamanya.

Sebagaimana firman Allah SWT didalam Al-Quran Surat Al-A’raf ayat 31: “Wahai anak Adam, pakailah pakaianmu yang bagus setiap memasuki masjid, makan dan minumlah tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan”

 

Komentar