oleh

Ngantuk Ketika Salat, Apakah Membatalkan?

PortalMadura.Com – Pernah mengantuk saat salat?. Rasa alami ini tampaknya hampir dirasakan oleh setiap umat Muslim. Tentunya, hal ini cukup mengganggu kekhususkan salat. Bahkan, bisa membuat malas untuk melaksanakan ibadah wajib ini.

Salah satu penyebabnya mungkin karena terlalu lelah karena suatu pekerjaan sehingga tidak sempat untuk beristirahat. Akibatnya, salat yang seharusnya diutamakan dan dilakukan secara khusuk menjadi terabaikan begitu saja. Karena, tidak sedikit seseorang yang kemudian tidak melaksanakan salat lantaran rasa kantuknya.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Lantas, bagaimana hukum mengantuk saat salat menurut para ulama?.

Dilansir Republika.co.id, dari Elbalad, ada beberapa hal penyebab ngantuk saat salat, bisa terjadi karena tidak sarapan, gaya hidup tidak sehat, kurang minum air putih, kurang gerak dan kekurangan vitamin D. Bisa juga terjadi karena asupan gula yang berlebihan, kelelahan karena pekerjaan hingga disfungsi tiroid.

Para ulama membagi tidur menjadi tiga bagian, yakni tidur berbaring, duduk, dan orang yang tidur dalam gerakan salat, seperti berdiri, berlutut atau sujud.

Adapun tidur dengan berbaring, ulama menyebut hal ini membatalkan wudu, baik nyenyak atau tidak menurut empat imam. Sedangkan tidur orang yang duduk, ini tidak membatalkan wudu jika itu tidur ringan.

Sementara tidur dengan posisi berdiri, atau sujud membatalkan wudu menurut Imam Syafii meskipun Imam Ahmad menyebut tidur dalam kondisi ini tidak membatalkan wudu, entah saat salat atau tidak.

Lalu, apakah boleh menunda salat karena mengantuk?. Mantan Mufti Agung Mesir dan anggota Dewan Ulama Senior Al Azhar, Syekh Ali Jumah, mengatakan jika seseorang merasa mengantuk saat melakukan salat, dia boleh tidur karena alasan ini. Hal ini sesuai dengan panduan Rasulullah yang bersabda:

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا نَعَسَ أَحَدُكُمْ وَهُوَ يُصَلِّي فَلْيَرْقُدْ حَتَّى يَذْهَبَ عَنْهُ النَّوْمُ فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا صَلَّى وَهُوَ نَاعِسٌ لَا يَدْرِي لَعَلَّهُ يَسْتَغْفِرُ فَيَسُبُّ نَفْسَهُ

Dari Aisyah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika salah seorang dari kalian mengantuk saat salat hendaklah dia tidur hingga hilang kantuknya, karena bila salat dalam keadaan mengantuk dia tidak menyadari, mungkin dia bermaksud beristighfar padahal bisa jadi dia mencaci dirinya” (HR Bukhari). Wallahu A’lam.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar