Ngupil Bisa Batalkan Puasa, Benarkah? Ini Jawabannya

Avatar of PortalMadura.com
Ngupil Bisa Batalkan Puasa, Benarkah? Ini Jawabannya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Selama bulan puasa umat muslim diwajibkan untuk menahan diri dari segala hal yang bisa membatalkan puasa. Hal-hal yang membatalkan puasa itu selain makan dan minum juga adanya benda yang masuk ke dalam tubuh. Misalnya melalui lubang mulut, hidung, telinga, anus, maupun kemaluan. Lantas, benarkah apabila seseorang mengupil bisa membatalkan puasa?.

Sesungguhnya maksud dari masuknya sesuatu pada bagian tubuh itu lebih mengarah kepada bersenggama (Zina, Nafsu) dll. Sedangkan hal yang membatalkan puasa hanyalah empat yang disepakati ulama, yaitu makan (minum) sengaja, mengeluarkan air mani secara sengaja (istimna'-onani-masturbasi), hubungan suami istri, dan muntah disengaja.

Jadi, tidak ada yang menjelaskan bahwa mengupil bisa membatalkan puasa. Adapun hadis yang menyebutkan benda masuk ke lubang tubuh maka puasa menjadi batal adalah dhaif. Ada sebuah riwayat yang menjelaskan bahwa “Sesungguhnya berbuka () adalah karena sesuatu yang masuk bukan karena sesuatu yang keluar” (HR. Abu Ya'la).

Mungkin hadis inilah yang membuat orang menilai batal membersihkan dalamnya hidung (), telinga, dan buang angin di air. Pada dasarnya mengupil adalah mengeluarkan kotoran bukan memasukan kotoran pada tubuh, sama halnya dengan Anda membuang air besar dan air kecil, itu adalah proses mengeluarkan. Jadi jelas bahwa ngupil tidak membatalkan puasa.

Jika ditanya lalu bagaimana dengan suntikan atau infus dan semua semakna yang menggantikan makanan?. Hal itu berbeda dengan suntikan biasa yang tidak menggantikan makan dan minum, jadi tidaklah membatalkan puasa. Karena bukan merupakan makan dan minum dan tidak pula sama dengan makan dan minum.

('Haqiqatush Shiyam' hlm 55, karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan ‘Majalis Syahr Ramadhan' hlm 102-103, karya Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-Utsaimin). Kenapa infus dan suntikan tidak membatalkan puasa? Dia tidak masuk melalui jalur normal. (islamidia.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.