oleh

Niat Salat Idul Fitri 1441 Hijriah di Tengah Pandemi

PortalMadura.Com – Hari raya Idu Fitri sudah di depan mata, semua umat Islam bersiap-siap menyambut hari kemenangan ini. Walaupun, hari Raya tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena umat Islam harus merayakan di tengah pandemi Covid-19. Himbauan untuk salat Idul Fitri di rumah telah di keluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ketua MUI menyarankan kepada masyarakat Indonesia untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing guna mencegah penyebaran Covid-19.

Meski demikian, MUI tetap menghimbau kepada msyarakat yang tetap melaksanakan salat Idul Fitri berjamaah di Masjid atau di lapangan, harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah diberlakukan oleh pemerintah, guna mencegah terjadinya potensi penularan Covid-19. Jika Anda melaksanakan salat Idul Fitri di rumah, ketentuan jumlah jamaah yang salat minimal empat orang, yaitu satu orang imam dan tiga orang makmum. Berikut Niat Salat Idul Fitri 1441 Hijriah dilansir dari laman Liputan6.com, Sabtu (16/5/2020)

Hukum melaksanakan salat Idul Fitri ini adalah sunah muakkad, karena Rasulullah SAW selalu mengerjakannya. Sedangkan menurut pendapat Imam Abu Hanifah, hukumnya fardu ‘ain dan menurut Imam Ahmad hukumnya fardu kifayah. Salat Idul Fitri disunahkan, baik bagi orang yang mukmim ataupun musafir, merdeka atau budak, laki-laki maupun perempuan.

Niat bacaan Salat Idul Fitri tidak ada yang berubah walaupun ditengah Pandemi Covid-19. Berikut niat bacaan salat Idul Fitri:

Usholli rak’ataini sunnatan ai’idil fitri (ma’mumam/imaman) lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku berniat salat sunah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala”.

Hukum melafalkan niat ini merupakan sunah. Yang wajib adalah secara sadar dan sengaja dalam batin berniat akan menunaikan salat sunah Idul Fitri. Sebelum imam dan makmum berniat, dimulai tanpa azan dan iqamah karena tidak disunahkan. Cukup hanya dengan seruan “ash-shalaatul jami’ah”.

Bagi Anda yang melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid atau di Lapangan, sebaiknya menggunakan masker, membawa sajadah sendiri dan hindari bersalaman dengan orang lain. Cukup dengan mengucapkan mohon maaf lahir batin tanpa menyentuh tangan atau bersalaman. Hal ini perlu dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber: liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE