Nilai Kepahlawanan Bergeser, Anak Muda Minim Keteladanan

Avatar of PortalMadura.com

SUMENEP (PortalMadura) – Perjuangan Pahlawan tempo dulu, tentu tidak sama dengan perjuangan pahlawan-panlawan saat ini. Jika pada perebutan Kemerdekaan harus mengangkat senjata. Namun, saat ini harus mampu menanamkan dan meneruskan nilai kejiwaan pahlawan yang telah gugur.

“Saat ini, terasa sulit untuk menemukan anak muda yang berjiwa pahlawan. Nilai-nilai kepahlawanan tempo dulu itu sepertinya tidak mengalir maksimal pada kader-kader bangsa ini,” tegas Olivia, Ketua Pengembangan Intelektual STKIP Sumenep, Minggu (10/11/2013).

Aktualisasi nilai kepahlawanan, kata dia, perlu terus dilakukan untuk mengisi pembanguan dan pengembangan moral anak bangsa. Tanpa, adanya kesadaran dari semua elemen dan pribadi pemuda itu sendiri, maka sulit nilai Kepahlawanan itu bisa terpatri dikalangan kawula muda.

Baca Juga:  MH Said Abdullah Berharap Megawati Umumkan Mbak Puan Calon Presiden 2024

“Kalau saya harus menilai, sekarang ini sudah terjadi degradasi kepahlawanan di kalangan pemuda. Ini yang perlu gerakan bersama sehingga pemuda tidak lepas kontrol dan tetap mampu mengaktualisasi nilai-nilai perjuangan dimasa lalu,” tegasnya.

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pengembangan Intelektual STKIP Sumenep ini, menggelar doa bersama di Makam Pahlawan Sumenep. Mereka juga melakukan bakti sosial dengan cara membersihkan lokasi pemakaman para Pahlwan.(Hem/Htn).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.