Ini 5 Obat Asam Urat Alami yang terbukti Ampuh

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: M. ZakariyaEditor: Firman G.A

obat asam urat alami
Asam Urat Salah satu penyakit yang sulit disembuhkan tapi bisa diminimalisir (Foto: Google Image)

Daftar Obat di apotek

1. Probenecid

Probenecid adalah jenis obat penyakit asam urat yang membantu tubuh untuk mengeluarkan asam urat berlebih melalui urine. Bagi Anda yang mengonsumsinya, dianjurkan untuk minum setidaknya 2 liter air dalam sehari. Langkah ini akan mencegah terbentuknya endapan kristal asam urat.

Sebelum menggunakan probenecid, beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah pada ginjal atau riwayat batu ginjal. Demikian pula bila Anda sedang minum aspirin maupun jenis obat-obatan lainnya.

2. Allopurinol

Mirip dengan probenecid, allopurinol juga berfungsi mengurangi kadar asam urat dalam darah. Beritahukan pada dokter jika Anda pernah atau sedang mengidap gangguan ginjal.

Penderita penyakit ginjal umumnya masih boleh mengonsumsi allopurinol. Tetapi, dosis penggunaannya mungkin perlu disesuaikan.

Efek samping penggunaan allopurinol meliputi sakit perut, sakit kepala, diare, dan ruam-ruam. Hentikan penggunaan obat ini bila Anda mengalami ruam atau demam, lalu segera hubungi dokter.

3. Febuxostat

Febuxostat adalah obat asam urat yang bekerja dengan cara menghambat pembentukan asam urat dalam tubuh. Karena itu, jenis obat ini kerap digunakan untuk mencegah serangan gout pada penderita.

Jenis obat asam urat ini dapat digunakan oleh pasien dengan gangguan ginjal ringan hingga sedang. Namun, febuxostat tidak dianjurkan untuk diminum bersamaan dengan 6-mercaptopurine (6-MP) dan azathioprine.

Ketika mengonsumsi febuxostat, efek samping yang bisa terjadi meliputi pusing, ruam, serta nyeri, kaku, atau bengkak pada sendi.

Segera hubungi dokter bila Anda mengalami efek samping yang serius, seperti sakit dada (khususnya yang menyebar hingga ke lengan dan bahu), pingsan, linglung, demam, serta sakit perut dan rasa mual yang parah.

4. Pegloticase

Obat asam urat pegloticase akan diberikan pada penderita apabila jenis obat-obatan lain tidak efektif dalam mengatasi penyakit asam urat. Penderita asam urat kronis termasuk golongan orang yang umumnya memerlukan pegloticase melalui suntikan intravena.

Bagi penderita asam urat yang memiliki alergi terhadap obat pegloticase, sebaiknya menghindari obat ini. Pasalnya, pegloticase berpotensi memicu reaksi anafilaksis yang dapat mengancam nyawa.

Jangan Lupa Akses Berita dari Kami di Google News & Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.