oleh

Obyek Wisata Sampang Dibuka, Terapkan Kunjungan “Berbasis Lokal”

PortaMadura.Com, Sampang – Obyek wisata di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, tetap buka pada masa pandemi virus corona (Covid-19), khususnya momen lebaran Idul Firtri 1442 H/2021 M.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sampang, Yuliadi Setiawan menyampaikan, masyarakat tetap ada kesempatan melakukan rekreasi di beberapa obyek wisata pada hari libur lebaran.

Menurutnya, masyarakat hanya bisa traveling di obyek wisata sesuai domisili atau berwisata lokal daerah.

“Obyek wisata masih buka. Kami menyesuaikan dengan pemerintah pusat,” katanya, Senin (3/5/2021).

Pihaknya menegaskan, ada prinsip kewaspadaan terhadap obyek wisata yang dibuka pada momen lebaran harus memenuhi syarat dan peraturan yang ditetapkan pemerintah.

Termasuk, penerapan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penyebaran virus corona di wilayah Sampang.

“Menghindari kepadatan atau kerumunan wisatawan menjadi prioritas. Harus ada penerapan prokes bagi setiap pengelola atau penyelenggara obyek wisata,” ungkapnya.

Pihaknya meminta para pengelola pariwisata, memberikan suatu petunjuk terhadap pengunjung yang mengarah pada penerapan prokes, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial.

“Misal, ada warga yang datang dari luar daerah, maka akan kami tracing untuk memastikan warga dalam kondisi bermasalah atau tidak. Hal ini, demi mencegah penularan virus corona,” tandasnya.

Obyek wisata yang menjadi rujukan dan sering dikunjungi di wilayah Sampang, di antaranya Pantai Camplong, Pantai Lon Malang, Air Terjun Toroan, dan Hutan Kera Nepa.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Fianolita Purnaningtias

Komentar