oleh

Pandemi Covid Belum Berakhir, Saatnya anda kenal Praktik Internet Marketing

PortalMadura.com– Imbas pandemi virus corona (Covid-19) sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Tidak hanya perusahaan besar yang harus putar otak, namun UKM juga terkena dampaknya.

Bahkan banyak dari UKM harus menutup usahanya, karena tidak mampu bertahan maupun menemukan alternatif pemasaran barang atau jasa yang di selama ini dikelola.

Salah satu alternatif bagi anda yang ingin bertahan di masa pandemi ini, mulailah mengenal Internet Marketing. Berdasarkan laporan terbaru We Are Social, pada tahun 2020 disebutkan bahwa ada 175,4 juta pengguna internet di Indonesia. Dibandingkan tahun sebelumnya, ada kenaikan 17% atau 25 juta pengguna internet di negeri ini.

Berdasarkan total populasi Indonesia yang berjumlah 272,1 juta jiwa, maka itu artinya 64% setengah penduduk RI telah merasakan akses ke dunia maya.

Pemanfaatan Internet Marketing telah dirasakan oleh Ach. Choirul Ramadhani.  Pria lulusan Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ini kepada portalmadura mengatakan, pandemi covid yang berkepanjangan ini memaksa dia putar otak dalam menjalankan bisnis travel yang digelutinya sejak bangku kuliah harus mati suri.

Beruntung, dia sudah mengenal internet marketing saat mulai merintis usaha. Sehingga saat salah satu bisnisnya terpaksa “mati suri”, bisnis online yang dia jalani malah mengalami peningkatan.

“Saat ini saya memiliki dua bisnis, jasa travel dan produk kesehatan. Saat Pandemi jasa travel saya otomatis drop. Tapi jasa produk kesehatan saya mengalami peningakatan sekitar 40%” Ungkap pria yang sering menjadi pemateri workshop digital marketing itu.

Lebih lanjut pria yang biasa disapa Irul itu mengatakan dengan internet Marketing pemilik usaha dapat melebarkan bisnisnya ke seluruh Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri. Namun banyak pemilik usaha yang cenderung enggan memulainya.

Selain karena faktor ketidak tahuan tentang internet marketing, banyak UKM yang enggan mencoba karena dibayangi harus mengeluarkan uang banyak untuk membuat toko online yang membutuhkan hosting dan domain.

Padahal menurutnya pemasaran dengan internet Marketing sangat luas, pembuatan website toko online hanya salah satu dari banyak teknik pemasaran online. Walaupun nantinya web toko online ini akan menjadi tempat galeri produk dan menguatkan nilai kepercayaan konsumen.

Untuk membuat toko online berupa web bisa mencari web hosting murah berkualitas sesuai budget atau menggunakan platform blog gratis seperti blogspot.

“Tidak harus membuat website berbayar, banyak kok cara lain. Bahkan Gratis. Kuncinya hanya rajin” papar founder Madura Creative itu.

Apa Internet Marketing

Pada dasarnya Internet Marketing merupakan cara promosi guna menjual produk atau jasa kepada calon konsumen dengan memanfaatkan internet.

Dalam interent marketing bentuk promosi bisa dilakukan dalam beragam bentuk dan platform, seperti promosi di Sosial Media dengan Foto maupun Video. Atau menggunakan iklan berbayar seperti google ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan Tiktok Ads.

Namun umumya semua teknik promosi tersebut akan mengarah pada toko online, sebagai titik terakhir konsmen untuk bertransaski dengan anda. Bentuk toko online sendiri beragam, tergantung kebutuhan dari pemilik, Bisa berupa toko di e-commerce, website, atau bahkan hanya akun sosmed.

Tips Membuat Toko Online

Bagi anda yang ingin membuat toko online, berikut tips cara membaut toko online:

  1. Gunakan Hosting Berkualitas

Jika lapak atau toko offline anda harus berada dilokasi yang mudah diketahui calon pembeli. Dalam pembuatan toko online, kecepatan dan kemduahan akses salah satu yang penting.

Untuk itu pilihlah hosting berkualitas agar toko online anda mudah diakses oleh calon pembeli.

  1. Sesuai Brand, mudah dikenali

Dala memilih domain untuk toko online usahakan domain Singkat, Mudah Diingat, Mudah Dieja, Deskriptif atau mampu menjelaskan apa yang anda jual, Tidak mengandung penghubung atau angka. Dan Terakhir usahakan menggunkan Top Level Domain (TLD) seperti .com.

Bagi yang anda yang budged-nya terbatas anda bisa manfaatkan promo domain yang biasanya sering diberikan perusahaan hosting dan domain terutama bagi UKM.

  1. Terapkan SEO dan Optimasi Sosmed

SEO atau “search engine optimization” (pengoptimalan mesin telusur) atau “search engine optimizer” tindakan atau praktik untuk mengoptimalkan website toko Anda sehingga mudah ditemukan calon konsumen.

Selain SEO, Sosmed juga memiliki peran penting bagi toko online anda. Dengan mengoptimalkan Sosmed anda berpeluang mendapaakan konsumen baru. Misalnya anda membagikan informasi promo atau diskon kepada calaon konsumen di sosmed dan mengarahkan mereka ke toko online.

Penulis : Firman Ghazali Akhmadi
-

Komentar