Para Orang Tua, Ini 6 Kewajiban Anda Pada Anak

Avatar of PortalMadura.Com
Para Orang Tua, Ini 6 Kewajiban Anda Pada Anak
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan anugerah dan amanah dari Allah Swt yang harus dipertanggungjawabkan oleh setiap dalam berbagai aspek kehidupannya. Sebagai orang tua, mereka memiliki kewajiban dalam menjaganya.

Kewajiban orang tua terhadap anaknya itu bukan hanya mencarikan nafkah, memberinya pakaian, atau kesenangan-kesenangan yang sifatnya duniawi. Namun lebih dari itu, orang tua harus mengarahkan anak-anaknya untuk mengerti kebenaran, mendidik akhlaqnya, memberi contoh yang baik serta mendoakannya.

Berikut enam kewajiban orangtua pada anaknya:

Memberinya Nama yang Bagus dan Ber-arti Baik
Ada yang mengatakan bahwa nama adalah doa. Istilah ini bisa Anda terapkan pada anak Anda. Agar banyak orang yang selalu mendoakan kebaikan padanya, maka berikanlah nama yang ber-arti baik bagi anak.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Sesungguhnya kamu sekalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama-nama kamu sekalian, maka perbaguslah nama kalian,” (HR. Abu Dawud).

Memberi Anak Air Susu Ibu
Seorang dokter kenamaan, Ibnu sina, menegaskan urgensi penyusuan alami dalam pernyataannya: “Bahwasanya seorang bayi sebisa mungkin harus menyusu dari air susu ibunya. Sebab, dalam tindakannya mengulum puting susu ibu terkandung manfaat sangat besar dalam menolak segala sesuatu yang rentan membahayakan dirinya.”

Hal tersebut senada dengan apa yang diperintahkan Allah SWT melalui firman-Nya: “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan,” (QS. Al-Baqarah: 233).

Bersikap Adil
Sebagai orangtua, Anda harus berusaha memberikan keadilan bagi anak. Jangan sampai Anda memberikan kasih sayang yang berbeda di antara anak-anak Anda. Kasih sayang adalah hak yang harus mereka dapatkan dan ukurannya sama antara anak satu dengan anak yang lainnya.

Mendidiknya dengan Baik
Semua orangtua pasti tahu kewajiban yang harus mereka lakukan terhadap anak-anaknya. Mendidik anak adalah hal yang paling penting dan paling utama yang harus diberikan kepada anak. Mendidik dengan baik memang menjadi salah satu kewajiban dan hak yang harus didapatkan seorang anak.

Anak harus mendapatkan pendidikan yang baik dan sama di antara anak-anak yang lain. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang berdasarkan agama. Sudah menjadi kewajiban orangtua untuk memberikan pendidikan yang sangat baik dan benar sesuai dengan tuntunan agama Islam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.