Pemkab Pamekasan Berharap Dana Desa Digunakan Untuk Peningkatan SDM

Avatar of PortalMadura.com
Gaji Perangkat Desa Setara ASN Golongan II A, Pemkab Pamekasan Tunggu Surat Resmi
dok. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pamekasan, Ach. Faisol

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, berharap pemerintah desa bisa memanfaatkan Dana Desa (DD) dengan baik untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepala DPMD Pamekasan, Ach. Faisol mengatakan, salah satu upaya dalam meningkatkan SDM sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi No.11/2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2020 dengan membentuk Perpustakaan Desa (Perpusdes).

“Prioritas dana desa sebagaimana telah ditentukan oleh pemerintah pusat adalah pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya adalah dengan perpustakaan desa,” katanya, Rabu (27/11/2019).

Baca Juga: Waduh Untuk Apa? KONI Pamekasan Butuh Dana Hingga Rp 11 Miliar

Menurut Faisol, dari 178 desa dan 13 kecamatan yang ada, baru 78 desa yang memiliki perpusdes. Bahkan yang dinyatakan aktif hanya sebanyak 20 perpusdes. Dengan begitu, pihaknya meminta agar desa memanfaatkan DD dengan baik sesuai regulasi yang ada.

“Dari 178 desa di Pamekasan baru terdapat 78 desa yang memiliki Perpusdes. Dari jumlah tersebut, sebanyak 20 Perpusdes sebagai Perpusdes aktif,” pungkasnya.

Baca Juga:  MH Said Abdullah Berharap Megawati Umumkan Mbak Puan Calon Presiden 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.