Penghujung Bulan Ramadan, Baca Doa ini

Avatar of PortalMadura.com
Penghujung Bulan Ramadan, Baca Doa ini
Ilustrasi (Info Islam)

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan tidak terasa sudah hampir selesai, saatnya untuk kembali berpisah dengan bulan yang suci dan penuh dengan kebarakahan ini. Ramadan merupakan tamu agung yang selalu dinantikan oleh umat Islam, karena beribadah dibulan ini dapat digandakan berkali lipat. Sungguh sangat merugi jika Anda menyiakan bulan Ramadan ini karena dibulan ini terdapat pengampunan dosa.

Pada malam-malam terakhir Ramadan di zaman Rasulullah, Masjid Nabawi penuh sesak dengan orang-orang yang beriktikaf, membaca Alquran, zikir dan qiyamul lail. Mereka bahkan menangis terisak-isak, karena Ramadan akan segera berlalu meninggalkan mereka.

Bulan ini orang-orang yang berpuasa dan menghidupkan malam-malamnya dengan ibadah, bulan yang dibukakan pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu setan oleh Allah Swt.

Suatu hari, dalam khutbah Idul Fitri, Umar bin Abdul Aziz berkata: Wahai sekalian manusia, sesungguhnya kalian telah berpuasa karena Allah selama tiga puluh hari, berdiri melakukan shalat selama tiga puluh hari pula, dan pada hari ini kalian keluar seraya memohon kepada Allah agar menerima amalan tersebut.

Bagaimana dengan amalan doa pada penghujung Ramadan?. Berikut doa penghujung bulan Ramadan untuk bertemu kembali dengan Ramadan selanjutnya dilansir dari Dream.co.id, Sabtu (23/5/2020):

Doa untuk Bertemu Bulan Ramadan Selanjutnya

Sudah saatnya berpisah dengan bulan Ramadan, ini artinya kesempatkan memupuk pahala dan beribadah dibulan penuh ampunan dan berkah ini akan segera berakhir. Perasaan antara sedih dan bahagia pasti Anda rasakan, sedih karena harus berpisah dengan bulan Ramadan namun bahagia karena bertemu dengan hari Lebaran.

Anda dan semua umat Islam pasti memiliki harapan untuk bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadan selanjutnya. Oleh karena itu ada sebuah doa yang bisa Anda panjatkan di ujung Ramadan ini agar di tahun-tahun selanjutnya tetap diberi kesempatan untuk kembali berjumpa.

Dari Jabir bin Abdillah ra dari Muhammad al Mustafa SAW:

Beliau bersabda, Siapa yang membaca doa ini di malam terakhir Ramadan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan: menjumpai Ramadan mendatang atau pengampunan dan rakhmat Allah.

Lafal doanya adalah:

Bismillahir rahmanir rahiim. Allahumma laa taj’alhu aakhiral ‘ahdi min shiyaamina iyyaah, fa-in ja’altahu faj’alnii marhuuman wa laa taj’alnii mahruuma.

Artinya,

” Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan yang hampa semata.”

Berpisah dengan bulan Ramadan bukan lantas menyelesaikan ibadah yang sudah dijalankan selama sebulan ini. Jadikan ibadah yang sudah dijalankan sebulan ini sebagai kebiasaan di hari-hari biasanya karena beribadah tidak harus menunggu bulan Ramadan.

Wallahu a’lam “Dan Allah lebih tahu /Maha Mengetahui”

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.