oleh

Perempuan Madura Menjunjung Etika

ILMIATUS SHOLIHAH, perempuan berparas cantik dan imut-imut ini merasa bangga dilahirkan di bumi Bangkalan Madura. Pulau Madura dimata berbintang PISCES ini dinilainya sangat identik dengan kesopanan atau etika. “Bukan perempuan Madura jika tidak beretika”, celetuknya.

Suku atau kelompok, tidak lagi menjadi penghalang bagi dirinya untuk menatap masa depan lebih cemerlang bila didasari dengan moral yang baik. Meski diakui sebagian orang memandangnya perempuan Madura atau masyarakat Madura pada umumnya, selalu identik dengan kekerasan.
Padahal, jiwa orang Madura itu lemah lembut dan menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan atau etika. Anggapan sebagian orang bahwa orang Madura hanya pekerja keras dan tidak cerdas merupakan anggapan yang salah besar.

“Saya yakin, dengan bermodalkan jujur dan bermoral yang baik, maka wanita Madura akan ditempatkan pada posisi terhormat. Itu sudah dibuktikan dengan para pejuang dan tokoh wanita tempo dulu, sekarang dan yang akan datang,” katanya.

Siswi kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Bangkalan ini, berpesan bawah apapun tradisi dan kebudayaan di Madura harus dipandang secara proporsional dan relevan serta harus memahami secara mendalam, sehingga anggapan atau apapun penilaian orang tidak hanya pada kekerasan dan kekerasan.

Ini kaitannya sangat erat dengan globalisasi, budaya dan tradisi akan hilang karena kebiasaan baru dan menganggap pola lama sudah tidak relevan lagi. Padahal, harus ada upaya untuk mempelajari kembali, merelevansi dan merestrukturisasi kebudayaan itu dengan baik.

“Jadi, jangan pernah ada anggapan lagi bahwa orang Madura tidak cerdas atau hanya pekerja keras. Lebih dari itu, warga Madura yang akan mampu mempertahankan budaya dan tradisi yang baik untuk bangsa ini,” tegasnya.

Upaya yang bisa dilakukan, kata dia, yakni dengan mengembangkan pola pikir perempuan Madura atau masyarakat Madura pada umumnya, sehingga tidak menjadi hal yang negatif dimata orang yang tidak mengerti filosofi orang Madura. “Saya sendiri, akan membuktikan jika perempuan Madura bisa melakukan yang terbaik buat kehidupan warga Madura dan bangsa ini,” ujar perempuan yang sudah segudang prestasi digondol di sekolahnya.(Redaksi).


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.