oleh

Resep Arem-Arem Sambal Tempe Khas Jawa Tengah

PortalMadura.Com – Salah satu makanan khas Jawa Tengah yang berbahan dasar beras yaitu arem-arem. Hampir sama dengan lemper di Jawa Timur, hanya saja kue lemper berbahan dasar beras ketan.

Selain itu, isi dari arem-arem biasanya sambal tempe atau daging. Rasanya yang gurih dan lezat serta mengenyangkan menjadikan kue ini banyak yang suka. Ingin mencoba membuatnya di rumah? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

3 cangkir beras
1 sdm garam
2 lembar daun pisang
Bahan Isian
1 papan tempe
2 siung bawang putih
50 gram kencur
7 buah cabai rawit merah
1/2 sdt gula pasir
1 batang daun bawang, iris
garam secukupnya

Cara membuat:

Masak beras yang ditambah garam seperti biasa hingga matang. Kemudian setelah nasi matang, biarkan 10 menit lalu tekan-tekan untuk dipadatkan.

Untuk membuat isian, haluskan semua bahan bumbu dengan tempe. Kemudian oseng sebentar. Lalu, siapkan daun pisang. Setelah itu, beri isian nasi dan sambal tempe. Kemudian gulung daun pisang dan kat.

Siapkan panci yang diisi air. Lalu masukkan arem-arem hingga posisi terendam air ke dalam panci. Setelah itu, rebus 5 menit. Matikan api. Diamkan 30 menit dengan posisi panci ditutup. Rebus kembali selama 12 menit. Angkat dan tiriskan.

Selamat mencoba!

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Fimela.com

Komentar