oleh

Rokok Ilegal Senilai Rp 2 Miliar Dimusnahkan, Dicampur Sampah dan Ditimbun Tanah

PortalMadura.Com, Pamekasan – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Madura memusnahkan sebanyak 3.077.112 batang rokok ilegal di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Desa Angsanah Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Jawa Timur, Kamis (26/11/2020).

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Madura, Yanuar Calliandra mengatakan, jutaan rokok ilegal itu hasil operasi periode 29 November 2019-13 Agustus 2020 dengan nominal harga mencapai Rp 2.848.118.780.

“Rokok ilegal tersebut berasal dari hasil operasi penindakan atas pelanggaran ketentuan di bidang Cukai yang dilakukan oleh KPPBC TMP C Madura sebanyak 74 kali penindakan,” katanya dalam siaran pers yang diterima PortalMadura.Com.

Menurutnya, setelah dikalkulasi atas kerugian negara dari jutaan rokok ilegal yang dimusnahkan tersebut mencapai 1.684.982.570 (satu miliar enam ratus delapan puluh empat juta sembilan ratus delapan puluh dua ribu lima ratus tujuh puluh rupiah).

Pihaknya akan memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap barang-barang ilegal yang berbahaya sekaligus untuk mengamankan penerimaan negara agar terhindar dari kerugian negara akibat rokok ilegal dengan terlebih dahulu melakukan pendekataan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Pemusnahan rokok ilegal itu dilakukan dengan cara disatukan dalam lubang yang sebelumnya telah digali oleh petugas. Rokok ilegal itu kemudian disatukan dalam lubang tersebut, disiram air, dicampur sampah dan ditimbun dengan tanah untuk menghilangkan wujud dari rokok tersebut

Pemusnahan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Persetujuan Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi Nomor S-240/MK.6/KN.5/2020 tanggal 09 November 2020 hal Persetujuan Pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara pada KPPBC TMP C Madura.

“Ini merupakan kewajiban Bea dan Cukai melindungi masyarakat dengan cara mencegah masuknya barang berbahaya baik dari sisi keamanan, kesehatan, merusak moral, lingkungan hidup dan sebagainya,” pungkasnya.

Penulis : Marzukiy
Editor : Desy Wulandari

Komentar