Saat Istri Dihina Ibu Sendiri, Ini yang Harus Suami Lakukan!

Avatar of PortalMadura.com
Rewriter: Putri KuzaifahRujukan: Republika.co.id
Saat-Istri-Dihina-Ibu-Sendiri,-Ini-yang-Harus-Suami-Lakukan!
Ilustrasi (ekspresiwanita.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Persoalan dalam rumah tangga pastinya selalu terjadi pada siapapun. Tidak terkecuali antara ibu mertua dan menantu. Walaupun sudah terbilang dalam suatu keluarga, pertikaian atau perbedaan pendapat nyatanya tidak bisa dielakkan.

Banyak orang bilang pertengkaran antara anak dan orang tua sudah biasa terjadi dan wajar saja. Tapi, jika itu terlalu sering dan menyakiti salah satu diantaranya tentu harus ada orang yang berperan menengahi agar kondisinya tidak semakin buruk. Salah satunya yaitu pentingnya peran seorang suami.

Lantas, apa yang bisa dilakukan suami melihat penghinaan atau perkataan menyakitkan dari ibu sendiri kepada istrinya?.

Dilansir Republika.co.id dari About Islam, konselor menasihati agar suami berbicara lembut dengan ibunya tentang bagaimana istrinya merasa terluka oleh kata-kata yang menghina. Suami juga diharuskan untuk terus membuat istrinya merasa istimewa dan dikasihi sambil memberikan waktu bagi ibu dan istrinya untuk berjauhan.

Selain itu, ada beberapa saran kepada suami yang mengalaminya atau siapa pun yang menghadapi permasalahan ini, berikut penjelasan lengkapnya:

Komunikasi dengan Ibu

Konselor menyarankan untuk berkomunikasi dengan ibu terkait masalah ini dan menjelaskan betapa menyakitkannya ucapan ibu kepada istrinya. Percakapan dilakukan dengan cara lembut dan dalam situasi tenang agar pesan yang akan disampaikan tersampaikan dengan baik.

Baca Juga:  5 Surat Yang Dibaca Saat Hamil Muda

“Pastikan untuk memulai percakapan apa pun dengan nada lembut daripada nada menuduh. Mungkin, biarkan kata-kata Anda tentang kesulitan ini muncul setelah percakapan lain untuk meredakan ketegangan dan meringankan suasana sebelum membahas masalah ini yang mungkin sulit bagi kedua belah pihak,” jelasnya.

Menyadarkan Perilaku Ibu

Menurut konselor, mungkin ibu tidak menyadari dengan tepat betapa menyakitkan perilakunya dan itu membuatnya merasa tertekan. Jika dia tidak mengetahui hal ini, dia mungkin akan terus berperilaku seperti ini.

“Anda dapat memberi tahu dia bahwa menurut Anda istri Anda sekarang melihatnya sebagai sosok ibu sejak ibunya sendiri meninggal baru-baru ini. Ini mungkin membuatnya mengembangkan perasaan keibuan terhadapnya dan karenanya mengubah pendekatannya terhadap istri Anda,” tuturnya.

Perlakukan Istrimu dengan Spesial

Pada saat yang sama, konselor menjelaskan untuk terus membuat istri merasa istimewa dan dicintai dalam upaya untuk melawan efek kata-kata menyakitkan. Dengan cara ini, suami dapat secara tidak langsung mendukungnya tanpa membahas masalah yang mendasarinya.

“Biarkan dia tahu Anda sadar komentar ibu Anda menyakitinya dan bahwa Anda tidak setuju dengan apa yang ibu Anda katakan. Pastikan dia bahwa Anda mengerti mengapa hal itu membuatnya sangat kesal,” katanya.

Baca Juga:  Niat dan Tata Cara Puasa Zulhijah

Membangun Hubungan Keluarga

Bisa juga mengatur kegiatan dan acara keluarga yang akan membangun hubungan keluarga. Upaya ini dapat meningkatkan hubungan istri dan ibu. Acara keluarga sederhana bisa seperti makan malam bersama atau pergi jalan-jalan bersama.

“Ini bisa menjadi pilihan untuk meminta istri Anda mundur dari mengambil tanggung jawab untuk ibu Anda untuk sementara waktu untuk memberi ibu Anda kesempatan untuk menghargai apa yang dilakukan istri Anda dan memiliki ruang untuk merenungkan hal ini,” ujarnya.

“Yang dapat Anda lakukan adalah membawa istri Anda pergi berlibur singkat (atau lebih lama jika Anda mau). Ini akan memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan cinta dan penghargaan Anda untuk istri Anda serta memberinya istirahat sementara dari penghinaan ibu Anda. Pada saat yang sama, ibumu juga akan memiliki ruang jauh dari istrimu untuk menghargai kebaikan yang dia lakukan untuknya setiap hari,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.