oleh

Sambut Kedatangan SBY, Ratusan Pawang Hujan Ikut Siaga

SUMENEP (PortalMadura) – Ratusan pawang hujang disiagakan dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang dijadwalkan, Rabu-Kamis (4-5/12/2013).

“Segala persiapan sudah dilakukan. Baik yang menyangkut kebutuhan pribadi presiden, maupun kebutuhan lain yang berhubungan langsung dengan lancarnya kegiatan bapak presiden selama di Sumenep. Termasuk pawang hujan,” kata Kabag Humas Pemda Sumenep, Sufiyanto, Selasa (3/12/2013).

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Dia menjelaskan, lokasi kunjungan kerja presiden akan di pusatkan di Gedung Adhi Poday, Jalan Trunojoyo. Ditempat ini, berbagai macam kerajinan warga Sumenep akan disajikan. “Sampai saat ini, semua persiapan sudah selesai. Tinggal melakukan pemantauan, barangkali masih ada yang terlupakan,” ujarnya.

Salah seorang warga Ambunten, Samsuddin (45) yang sering menjadi mediator pawang hujan di Sumenep, mengatakan, penggunaan pawang hujan, dimaksudkan agar tidak turun hujan selama Presiden SBY berada di lokasi acara.

Sehingga, masyarakat yang terlibat langsung dengan acara presiden tidak terkendala hujan. “Pawang hujan ini memang biasa dimanfaatkan oleh warga Sumenep setiap kali hajatan di musim penghujan seperti saat ini,” katanya.

Dia menjelaskan, media para pawang hujang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya. Ada yang menggunakan keris, segala macam bunga, dan dupa wangi. “Mereka itu ada di rumahnya atau ditempat tertentu saat melakukan ritual,” terangnya.

Setiap pawang hujan, kata dia, tarifnya tidak sama, yakni berkisar antara Rp200 ribu sampai Rp1 juta lebih. “Mahalnya, biaya pawang hujan itu tergantung besar kecilnya hajatan yang akan digelar oleh yang memesan,” tandasnya.(udein/htn).

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar