oleh

Sambut New Normal Life, Bangkalan Buka Kembali Destinasi Wisata

PortalMadura.Com, Bangkalan – Menyongsong kebijakan new normal life (tatanan hidup baru), destinasi wisata di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dipastikan segera dibuka kembali dengan memerhatikan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bangkalan, M. Hasan Faisol mengatakan, pihaknya telah menyusun protokol pembukaan kembali tempat pariwisata dengan mengacu pada protokol kesehatan.

“Sudah kita buatkan panduannya, jadi kalau tempat wisatanya mau dibuka harus sesuai dengan panduan itu,” tuturnya, Kamis (11/6/2020).

Namun, ia mengatakan belum menentukan kapan akan mulai membuka tempat-tempat wisata itu. “tanggalnya belum ditentukan,” ujarnya.

Faisol menerangkan, untuk membuka tempat wisata harus dipastikan agar seluruh area wisata bersih dan higienis, melakukan pembatasan jumlah pengunjung, harus menyediakan ruang edukasi pengunjung, serta ada peralatan informasi dan komunikasi cepat.

“Harus menyediakan sarana cuci tangan, handsanitizer, thermogun, dan harus menyediakan alat pelindung diri bagi pekerja,” ungkapnya.

Selain itu, ia mengatakan, untuk pembukaan tempat wisata harus memerhatikan jarak antrian pengunjung, menyediakan ruang kesehatan, dan kampanye-kampanye kesehatan.

“Termasuk bekerjasama dengan RS atau puskesmas setempat,” jelasnya.

Bukan hanya bagi pengunjung dan pengelola tempat wisata yang harus memerhatikan protokol kesehatan, para pedagang di sekitar tempat wisata juga harus memerhatikan protokol kesehatan.

“Jarak antar pedagang minimal 1,5 meter, lalu membatasi jumlah pembeli, pengaturan keluar-masuk pembeli, harus ada tempat cuci tangan,” kata Faisol.

Faisol menegaskan, pihak yang akan membuka tempat wisatanya kembali harus melapor terlebih dahulu kepada pemerintah daerah, kepolisian dan instansi kesehatan setempat. “Itu untuk mengantisipasi risiko Covid-19,” tegasnya.(*)

Penulis : Ubay NA
Editor : Lisa Mana L
Tirto.ID
Loading...

Komentar