Sambutlah Ramadan dengan Perasaan Gembira

Avatar of PortalMadura.com
menyambut ramadan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ramadan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh semua umat muslim diseluruh dunia.

biasanya menjadi bulan dimana orang-orang memulai lembaran baru, memperbaiki diri dan bertaubat kepada Allah SWT.

Dalam Islam dijelaskan bahwasanya menyambut bulan Ramadan haruslah dengan rasa bahagia dan gembira. Hal tersebut sebagaimana dalam kitab Al Musnad, Imam Ahmad meriwayatkan hadis dari Abu Hurairah, dia berkata:

“Rasulullah SAW. memberikan kabar gembira kepada para sahabatnya tentang kedatangan bulan Ramadan seraya beliau berkata: ‘Telah datang kepada kalian Ramadan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa di dalamnya. Di bulan Ramadan, pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan seribu bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.”

Sebagaimana dikatakan Ibnu Rajab al-Hanbali, berdasarkan hadis ini para ulama menganjurkan untuk saling ber-tahniah atau saling mengucapkan “selamat menyambut kedatangan bulan Ramadan” di antara satu sama lain ketika menjelang bulan Ramadan. Di Indonesia tahniah tersebut biasanya diungkapkan dengan kalimat “ahlan wa sahlan ya ramadan”. Kegembiraan dan kebahagiaan dalam menyambut bulan Ramadan harus ditampakkan satu sama lain.

Selain itu, dianjurkan memperbanyak doa ketika menyambut bulan Ramadan. Imam Nawawi dalam kitab Almajmu mencantumkan sebuah hadis yang berisi doa Nabi saw. ketika menyambut bulan Ramadan. Hadis tersebut diriwayatkan Imam al-Tirmidzi dari Thalhah bin Ubaidillah, dia barkata;

“Sesungguhnya Nabi SAW ketika telah melihat hilal Ramadan, beliau berdoa; Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah (Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”

Itulah alasan mengapa kita dianjurkan untuk menyambut Ramadan dengan rasa gembira. Semoga bermanfaat, Wallahu a'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.