Santri Bata-Bata Pamekasan Belajar Ekonomi Islam

Avatar of PortalMadura.com
Santri Bata-Bata Pamekasan Belajar Ekonomi Islam
Santri Bata-Bata Pamekasan Belajar Ekonomi Islam (Senin 22/01/2018)

PortalMadura.Com, – Para santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan, Madura, Jawa Timur, pada rangkaian kegiatan Pekan Ngaji 3 di Auditorium Pesantren, Senin (22/1/2018).

sebagai pemateri dalam acara tersebut menyampaikan, ekonomi Islam merupakan kegiatan transaksi, seperti jual beli, simpan pinjam atau transaksi ekonomi lainnya yang sesuai dengan kaidah Alquran, hadis dan nilai-nilai keislaman itu sendiri.

“Bagi seorang santri jika ingin terjun dalam dunia bisnis, maka yang terpenting adalah harus bisa mentransformasikan pengetahuan keagamaan dengan ilmu ekonomi sehingga nantinya tidak perlu meletakkan lebel syariah ke dalam usahanya, misalnya mau membuat usaha laundry dengan label laundry syariah,” pesannya.

Menurutnya, mempelajari ekonomi keislaman sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari karena hal ini berkaitan dengan hajat hidup umat Islam yang berdampak pada halal atau haramnya hasil ijab atau transaksi tersebut.

“Selain itu, kondisi sosial masyarakat harus diperhatikan. jika di sekitar kita biasa pake' sarung, maka tidak masalah berjualan dengan memakai sarung, agar konsumen merasa berada di rumah sendiri,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, para santri tampak serius mendengarkan materi Ekonomi Islam tersebut. Materi ekonomi Islam ini merupakan serangkaian acara Pekan Ngaji III Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan yang digelar sejak tanggal 18 sampai 28 Januari 2018. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.