Sebelum Panjatkan Doa, Lakukan 4 Hal Ini Dulu Agar Terkabul

Avatar of PortalMadura.com
Sebelum-Panjatkan-Doa,-Lakukan-4-Hal-Ini-Dulu-Agar-Terkabul
Ilustrasi (orami.co.id)

PortalMadura.Com – Pada hakikatnya, merupakan hal terpenting sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Entah ada atau tidaknya suatu masalah, berdoa seharusnya menjadi rutinitas wajib bagi umat Muslim yang ada di dunia ini.

Terlepas dari hal tersebut, setiap doa yang dipanjatkan ada adabnya tersendiri agar doa itu cepat terkabulkan. Rasulullah SAW pun telah memberikan panduan kepada umatnya bagaimana tata cara berdoa yang baik. Lantas, bagaimana caranya?.

Ada beberapa hal yang perlu diucapkan sebelum menyampaikan permohonan doa. Berikut penjelasan lengkapnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (2/11/2021) dari laman Republika.co.id:

Pertama, awali doa dengan terlebih dulu mengagungkan Allah Yang Maha Esa, sebagaimana yang diajarkan dalam Islam. Kedua, memuji Allah Yang Maha Tinggi.

Ketiga, mendoakan atau berselawat untuk Nabi Muhammad SAW. Keempat, barulah sampaikan permohonan atau doa kepada Allah SWT mengenai apa yang dibutuhkan.

Rasulullah SAW pernah mendengar seorang laki-laki berdoa dalam salatnya tapi tidak mengagungkan Allah SWT dan juga tidak berselawat kepada Nabi SAW. Lalu beliau berkata, “Orang ini terburu-buru.”

Lantas Nabi SAW memanggil orang tersebut, dan bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian melaksanakan salat, maka hendaknya (pertama) memulai dengan mengagungkan Tuhannya Yang Maha Agung dan Perkasa, (kedua) dengan memuji kepada-Nya, (ketiga) dengan berselawat kepada Nabi SAW, (keempat) kemudian berdoa dengan apa yang ia inginkan.” (HR Abu Dawud)

Tata cara tersebut dapat dikatakan sebagai rumus agar doa terkabul. Maka doa yang diucapkan dengan tata cara seperti itu lebih mungkin dikabulkan Allah SWT.

Sebagaimana diketahui doa adalah salah satu ibadah yang memiliki keistimewaan. Karena itu, siapa yang ingin doanya dikabulkan sekaligus diringankan berbagai persoalan yang menderanya, maka sebaiknya memperhatikan empat hal yang dianjurkan Nabi SAW tersebut.

Dari Ahmad bin Abi Hawari, dia mendengar Abu Sulaiman Ad-Darani menyampaikan hal berikut ini tentang doa.

Siapa yang ingin meminta sesuatu kepada Allah SWT, maka sebaiknya dimulai dengan berselawat untuk Nabi SAW, kemudian barulah memanjatkan doa. Lalu akhiri dengan kembali mengucap selawat kepada Nabi SAW. Karena selawat untuk Nabi SAW itu statusnya maqbul, dan Allah Maha Pemurah sehingga tidak akan menolak doa yang dibaca di antara dua selawat.Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.