Selain Masjidil Haram, Ini 5 Tempat Indah di Makkah

Avatar of PortalMadura.com
Selain Masjidil Haram, Ini 5 Tempat Indah di Makkah
Ilustrasi (Liputan6.com)

PortalMadura.Com – Kota suci umat Islam adalah . Disana ada kakbah yang terletak di komplek , Makkah, Arab Saudi. Berkunjung ke Makkah, umat muslim tidak hanya bisa mengunjungi Masjidil Haram. Namun, masih banyak tempat indah yang bisa didatangi.

Lantas, lokasi indah mana saja yang bisa umat Islam kunjungi selain Masjidil Haram jika berkunjung ke Makkah? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Menara Abraj Al-Bait

Menara yang menjulang tinggi ini merupakan merupakan tempat wisata di Makkah yang terdapat di Kompleks Abraj Al Bait. Menara ini berlokasi dekat dengan Masjidil Haram yang memiliki tinggi 601 meter dengan 120 lantai.

Dengan tinggi menjulang, kaum Muslimin akan disuguhkan keindahan Kota Mekkah yang luar biasa. Menara Abraj Al Bait juga dikenal sebagai menara jam yang memungkinkan kaum Muslimin belajar mengenai metode menentukan waktu dan alam semesta seperti galaksi, matahari, bulan, serta bumi.

Kawah Al Wahbah

Lokasi religi di Makkah ini terletak di gurun yang berukuran hampir 1 mil dengan tebing setinggi 850 kaki. Kawah ini terbentuk dari sisa vulkanik dan di sekitarnya terdapat dataran berpasir yang kini ditumbuhi pohon palem.

Adanya pohon palem ini memberikan keteduhan bagi pengunjung yang datang ke tempat ini. Mitos atau cerita rakyat yang berkembang menyebutkan Kawah Al Wahbah terbentuk ketika dua gunung saling mencintai.

Al Kiswa Factory

Tempat ini merupakan pabrik dari kiswa yang merupakan kain penutup Kakbah dengan hiasan kaligrafi sangat indah. Kaligrafi dibuat secara manual dengan melakukan penyulaman memakai banyak benang. Hasilnya, karya seni kiswah yang menarik bisa dilahirkan.

Ketika berkunjung ke Al Kiswa Factory, kaum Muslimin bisa menambah kreativitas dengan memerhatikan bagaimana proses pembuatan kiswa. Selain itu, bisa juga membelinya sesuai bujet.

Fakieh Aquarium

Fakieh Aquarium merupakan satu-satunya tempat wisata akuarium untuk umum di Arab Saudi. Objek wisata di Kota Makkah ini cocok sekali bagi jamaah umrah yang membawa anak-anaknya untuk berlibur.

Selain sebagai destinasi hiburan, Fakieh Aquarium memberikan edukasi mengenai kehidupan bawah laut. Para pengunjung juga memungkinkan untuk menikmati pertunjukan Dolphin dan Seal Lion setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 23.00.

Jabal Tsur

Jabal Tsur adalah bukit yang memiliki gua bersejarah di dalamnya. Bukit yang terletak di Al Hijrah, Makkah ini memiliki pemandangan indah dan sangat layak diabadikan. Wisatawan bisa berfoto di beberapa tempat sampai puas.

Selain memiliki pemandangan yang indah, Jabal Tsur juga saksi kejadian hebat di masa lalu. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dan Abu Bakar Radhiyallahu anhu pernah bersembunyi di salah satu gua di sini karena dikejar oleh kaum kafir yang ingin membunuhnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.