Stem Cell, Terapi Kulit yang Ampuh Cegah Penuaan

Avatar of PortalMadura.com
Stem Cell, Terapi Kulit yang Ampuh Cegah Penuaan
Ilustrasi (Wolipop)

PortalMadura.Com – Seiring bertambahnya usia, setiap wanita dianjurkan untuk merawat kesehatan kulitnya. Apalagi sudah berusia di atas 30 tahun, umumnya akan terjadi perubahan kulit dan jaringan. Bahkan, kulit semakin menua dan perlahan menjadi keriput.

Tanda-tanda awal penuaan itu biasanya muncul di area wajah. Misalnya, mulai dari elastisitas dan kelembapan kulit berkurang, kerutan bertambah, kulit menjadi lebih tipis dan kendur, dan berkurangnya volume jaringan lemak di bawah kulit.

Nah, selain Anda perlu menggunakan skincare atau produk-produk tertentu lainnya, terapi juga diyakini dapat menjadi solusi untuk mencegah penuaan. Apa itu stem cell?

Dilansir PortalMadura.Com, Jumat (1/31/2020) dari laman Okezone.com, Dokter Bedah Plastik dari Klinik Hayandra, dr Krista Ekaputri, SpBP- RE, mengatakan, untuk mengatasi penuaan di kulit, para ahli mencari solusi. Perbaikan yang dimulai dari tingkat sel dengan menggunakan teknologi stem cell atau sel punca.

“Saat ini sel punca tengah menjadi tren karena berfungsi menggantikan atau meregenerasi sel-sel di tubuh kita, yang mengalami kematian yang salah satunya disebabkan oleh penuaan tubuh,” ucap Dokter Krista.

Perlu Anda ketahui, berdasarkan literatur terkini, sumber sel punca yang paling banyak di tubuh Anda berasal dari jaringan lemak. Proses pengambilan jaringan lemak di tubuh biasanya dilakukan oleh dokter yang memiliki kompetensi di bidang tersebut, yaitu dokter bedah plastik.

Sementara itu, sel punca yang teraman adalah yang berasal dari diri Anda sendiri (autologus). Sel punca yang terkandung dalam SVF berjumlah miliaran sel tanpa proses kultur, yang merupakan sumber sel peremajaan kulit yang aman, praktis, efektif dan rendah risiko

“Saat dilakukan peremajaan kulit dengan teknik itu, elastisitas, kelembapan, ketebalan kulit akan meningkat dan menjadi lebih kencang,” tambah Dokter Krista.

Baca Juga : Terapi Air Putih Bisa Melembapkan Kulit, Begini Cara Aplikasikannya

Selain itu, terapi ini juga dapat digunakan bersamaan dengan terapi fat graft. Fungsinya untuk menambah kekurangan volume jaringan lemak pada wajah.

Namun, apabila Anda masih merasa khawatir untuk melakukan perawatan ini akan lebih baik jika menanyakan kembali pada dokter kulit Anda. Hal ini untuk mencegah terjadinya ketidakcocokan pada kulit atau kejadian yang tidak terduga lainnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.