oleh

Stres dan Begadang Bisa Sebabkan Kulit Jadi Kusam, Benarkah?

PortalMadura.Com – Bingung dengan wajah Anda yang terlihat kusam?. Padahal Anda selalu cuci muka. Kulit kusam memang menjadi salah satu masalah bagi kaum wanita. Sehingga membuat mereka tidak percaya diri dengan tampilan tersebut.

Sering kali kulit kusam terjadi karena banyak pikiran. Banyak pikiran atau stres menjadi salah satu alasan mengapa kulit menjadi kusam dan tidak cerah.

Ternyata kulit kusam tidak hanya bisa dengan menggunakan produk kecantikan saja, Anda juga perlu harus mengubah pola kebiasaan sehari-hari. Mengapa demikian?. Dilansir Okezone yang mengutip dari H  ellosehat, Berikut ulasannya:

Mungkin Anda merasa stres dan tertekan belakangan ini, sehingga membuat kulit Anda tampak kusam. Sebenarnya, stres itu merupakan hal yang wajar-wajar saja, Akan tetapi jika Anda terlalu berlarut-larut hal itu tidak baik juga bagi kesehatan kulit.

Oleh karena itu, jika Anda stres Anda harus pinter-pinter mengelola stres dengan sebaik mungkin. Seperti, melakukan tarik nafas dalam-dalam lalu minum teh herbal hangat. Jika cara tersebut masih dirasa kurang efektif untuk meredakan stres, Anda coba cara lain yang sekiranya membuat tubuh dan pikiran tenang, misalnya dengan dipijat.

Manfaat dari pijat adalah bisa melancarkan sirkulasi darah, memproduksi getah bening, mempercepat pengeluaran racun, serta mempercepat aliran oksigen dan nutrisi hingga ke dalam jaringan kulit.

Baca Juga : 4 Alasan Kulit Terlihat Kusam

Bukan hanya stres yang bikin kulit jadi kusam, sering begadang juga merupakan faktor kulit menjadi susah cerah. Pasalnya, saat tubuh dalam kondisi tidur, sistem imun akan membentuk kolagen dan keratin. Kedua zat ini berguna untuk mengencangkan dan menyehatkan kulit.

Jadi jika Anda begadang, maka tidak ada kesempatan zat yang diproduksi di dalam tubuh Anda. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih kusam, kantung mata semakin terus menebal dan berwarna kehitaman. Usahakanlah Anda tidur selama 7-8 jam setiap malam dan selalu atur jadwal tidur yang teratur setiap harinya, asupaya kulit bisa jadi cerah bersinar.

Rewriter : Azizah
Sumber : Okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar