Subhanallah, Ini Waktu Mustajab Terkabulnya Doa di Bulan Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
Subhanallah, Ini Waktu Mustajab Terkabulnya Doa di Bulan Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ramadan merupakan bulan suci yang penuh dengan limpahan Rahmat Allah SWT. Salah satunya, yaitu waktu mustajab terkabulnya -doa umat Islam. Mereka yang memanjatkan hajat di bulan ini, maka Allah SWT tidak akan menolaknya.

Sayangnya, waktu mustajab itu justru banyak terlewatkan. Kebanyakan pada waktu ini, orang-orang yang berpuasa biasanya memilih menyibukkan diri pada urusan dunia. Padahal, waktu tersebut cukup singkat.

Lantas, kapankah waktu mustajab itu?. Ternyata, waktu mustajab adalah pada saat menjelang berbuka. Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya doa orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak” (HR. Ibnu Majah no. 1753).

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda: “Ada tiga doa yang tidak tertolak: Doa pemimpin yang adil, doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka, doa orang yang terzalimi” (HR.Tirmidzi no. 3595, Ibnu Majah no. 1752. Hadits ini dishahihkan oleh Ibnu Hibban dalam shahihnya no. 2408 dan dihasankan oleh Ibnu Hajar. Lihat catatan kaki Zaadul Ma'ad, 2: 50).

Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) disebutkan, bahwa kenapa doa mudah dikabulkan ketika berbuka , yaitu karena saat itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Akan tetapi, saat menjelang berbuka, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu untuk ngabuburit, berburu santapan untuk berbuka, menunggu bedug sambil menonton televisi, serta aktivitas lainnya yang jauh dari kegiatan menadahkan tangan untuk meminta kepada Tuhan.

Tentunya, kondisi ini berbeda jika dibandingkan kebiasaan masyarakat di Kota Suci Mekah. Biasanya, jelang berbuka mereka akan berkumpul dan memohon atas hajat yang diinginkan kepada Allah. Hal ini dilakukan 15 atau 10 menit sebelum berbuka puasa.

Nah, setelah Anda mengetahui waktu mustajab berdoa di bulan Ramadan ini, semoga Anda tidak lagi menyia-nyiakan waktu mustajab tersebut. Ambil lah wudu dan memintalah kepada Allah SWT. Kemudian cukup mempercayai jika Allah akan mengabulkan doa Anda. (infoyunik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.