Sumenep Siapkan Enam Calon Paskibra Jatim Tahun 2021

Avatar of PortalMadura.com
Sumenep Siapkan Enam Calon Paskibra Jatim Tahun 2021
Peserta paskibra Sumenep mengikuti latihan oleh tim (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, mempersiapkan enam calon paskibra (pasukan pengibar bendera) yang akan dikirim ke tingkat Jawa Timur tahun 2021.

“Enam siswa itu, tiga putra dan tiga putri,” terang Plh Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Sumenep, Syaifudin Ansari, Selasa (30/3/2021).

Data-data yang dibutuhkan Pemprov Jatim, kata dia, sudah harus masuk pada bulan April. “Jadi, Sumenep sudah siap yang dihasilkan dari proses seleksi cukup panjang,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, pada tahap awal seleksi, ada 319 pendaftar dari berbagai sekolah, baik daratan maupun kepulauan.

Proses pendaftaran dilakukan melalui sekolah-sekolah maupun mendaftar melalui daring. “Sejak awal, kita sudah memberi ruang dan kesempatan yang sama bagi semua siswa,” katanya.

Pada tahap seleksi awal, ada penilaian postur tubuh, kemampuan baris berbaris dan penampilan. Dilanjutkan dengan penilaian pantukhir yang dilakukan langsung oleh tim panitia serta pelatih, baik dari unsur TNI-Polri serta purna paskibra.

Baca Juga:  3 Atlet Petanque Sumenep Ikuti Seleksi Kejurnas Junior U-16

“Dari 319 pendaftar itu, 152 masuk pada tahap pantukhir. Dan tahap akhir ada 74 peserta yang ditetapkan paskibra,” terangnya.

Dari proses tersebut, kata dia, juga ada enam peserta terpilih untuk dikirim ke Jawa Timur. “Nah, selanjutnya bagaimana dengan peserta paskibra? kita nunggu petunjuk dari Kementerian Sekretariat Negara,” katanya.

Ke depan, pihaknya menginginkan proses seleksi paskibra dapat dilakukan dari semua sekolah, baik daratan maupun kepulauan yang diawali dari tingkat kecamatan. “Jadi, kebutuhan paskibra kecamatan juga dapat terpenuhi,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.