Tertarik Pinjaman Online? Baca Ini Dulu Sebelum Menyesal

Avatar of PortalMadura.com
Tertarik Pinjaman Online? Baca Ini Dulu Sebelum Menyesal
Ilustrasi (solopos.com)

PortalMadura.Com – Belakangan ini pinjaman online banyak dilirik oleh masyarakat. Apalagi sejak adanya pandemi, di mana kebanyakan orang tengah kesulitan ekonomi, tidak sedikit organisasi atau perusahaan tertentu yang memanfaatkannya.

Padahal, tidak semua pinjaman online (pinjol) itu resmi. Akibat ketidaktahuan mereka pada pinjaman online tersebut, banyak masyarakat terlilit utang lantaran tidak mampu membayar karena biaya bunga yang tinggi.

Tips Sebelum Melakukan

Dilansir PortalMadura.Com, Kamis (28/10/2021) dari laman Okezone.com, Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan, jika seseorang ingin melakukan pinjaman online, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur pola pikir. Di mana, pinjaman bukan untuk tujuan konsumtif atau pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

“Kalau kita untuk makan saja kita ngutang atau untuk belanja kebutuhan sehari hari kita kasbon mulu, nah berarti saatnya kita mengevaluasi pengeluaran. Bagaimanapun untuk kebutuhan sehari hari dilakukan secara tunai, jadi sesuai dengan uang yang ada saat ini,” katanya.

Lalu, Anda harus melakukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan. Adapun tujuan dari meminjam harus sudah diketahui sejak awal.

“Dari situ jangan aji mumpung, sehingga tujuan dari peminjamannya itu sudah spesifik. Misal berapa yang dipinjam. Kalau tidak ditentukan tujuannya sesuai dengan kebutuhan, nah uang itu bisa ngawur digunakan untuk apa saja,” ucap Mike.

Kemudian, kata Mike, jika sudah menentukan tujuan dari kebutuhan pinjaman, Anda juga harus memperhitungkan kesanggupan membayar pinjaman tersebut. Setelah itu, barulah Anda bisa mencari perusahaan pinjol yang sesuai.

“Anda juga memperhitungkan kira-kira kesanggupan cicilannya berapa. Jadi, dihitung dulu di depan sebagai pedoman. Secara umum total cicilan sebuah keluarga atau seseorang itu sebaiknya di bawah 30% dari gajinya,” jelas dia.

Lanjut Mike, saat melakukan pinjaman harus dipastikan bahwa perusahaan pinjol tersebut merupakan perusahaan yang berizin dan terdaftar di OJK. Terakhir, Anda juga harus memperhatikan berbagai biaya peminjaman, salah satunya yakni terkait bunga.

“Ketika pinjaman itu perhatikan biaya-biaya seperti adakah biaya admin, bunga pastinya. Nah, bunga pinjol ini dia lebih tinggi daripada bunga biasa ya. Jadi, betul-betul harus Anda perhatikan,” tandasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.