oleh

Tips Sahur Ala Rasulullah

PortalMadura.Com – Sahur menjadi salah satu hal yang penting yang tidak boleh ditinggalkan. Selain menjadi bagian ibadah, sahur juga membantu Anda bertahan selama berpuasa 12 jam tanpa makan dan minum.

Sahur adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan dini hari bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan suci Ramadan. Anda pasti penasaran, Bagaimana sahur ala Rasulullah?

simak penjelasan dibwah ini, dilansir dari laman Muslim.okezone.com. Rabu, (29/4/2020).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Sebaik-baik sahurnya orang mukmin adalah kurma.”

(HR. Abu Daud 2345, Ibnu Hibban 3475 dan dishahihkan al-Albani dan Syuaib al-Arnauth).

Kemudian disebutkan at-Thabrani dalam Mu’jam al-Kabir, dengan sanad yang didalamnya terdapat perawi Ibnu Lahai’ah, dari sahabat Uqbah bin Amir radhiyallahu ‘anhu,

Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengambil segenggam kurma, kemudian beliau bersabda, “Ini sebaik-baik hidangan sahur orang Muslim.”

(Mu’jam al-Kabir, 17/282).

Menjadikan kurma sebagai pilihan makanan saat sahur. Mengapa bisa demikian?

Ali al-Qori ulama madzhab hanafi mengutip keterangan at-Thibi:

“Dianjurkan menggunakan kurma di waktu sahur, karena sahur sendiri adalah keberkahan. Dan dikhususkan kurma, sehingga menjadi keberkahan bertumpuk keberkahan. Apabila kalian berbuka, hendaknya dia berbuka dengan kurma, karena kurma itu berkah. Sehingga mengawali buka dengan berkah, dan ujungnya juga berkah.”

(Mirqah al-Mafatih, 6/306)

Baca Juga: Bulan Pertama Polres Sumenep Libatkan 598 Orang pada Program Keselamatan 2020

Dalam hadis lain juga mengatakan mengenai menu berbuka puasa yang Rasulullah ajarkan. Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata,

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum salat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air.”

(HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah).

Dapat Anda simpulkan kenapa kurma menjadi pilihan saat sahur, karena kurma merupakan buah yang penuh keberkahan. (*)

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Muslim.okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar