Umat Islam, Begini Cara Cari Teman yang Baik Menurut Sabda Rasulullah

Avatar of PortalMadura.com
Umat Islam, Begini Cara Cari Teman yang Baik Menurut Sabda Rasulullah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai makhluk sosial, manusia tidak akan bisa hidup dengan seorang diri, pastinya ia akan membutuhkan orang lain untuk berinteraksi dalam kehidupannya. Dengan bersosialisasi, pemikiran seseorang dapat lebih terbuka dan mampu beradaptasi dengan lingkungannya.

Meski manfaat bersosialisasi itu penting, Anda juga harus bisa pinter untuk memilih dalam bergaul. Karena rasulullah berpesan supaya bisa memilih pergaulan yang baik sehingga nantinya akan membawa pada sisi kebikan.

dalam memilih pergaulan yang baik di jelaskan dalam hadis, Dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (21/3/2020), dari laman Republika.co.id:

“Teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi, engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalau pun tidak, engkau tetap dapat mendapatkan bau harum darinya. Adapun pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tidak sedap” (HR. Bukhari-Muslim).

Sudah jelas dalam sabdanya, Rasulullah menyarankan umat muslim untuk pintar dalam memilih teman, karena teman berpengaruh besar dalam pembentukan pemikiran dan perasaan. Selain pesan itu, nabi juga berpesan kepada umat muslim, bila seseorang ingin sukses maka bergaullah Anda dengan orang yang berkualitas.

Jika dilihat bersama, orang sukses lebih banyak bergaul dengan mereka yang memiliki kebiasaan positif dan pastinya memprioritaskan diri untuk meraih keberhasilan. Bebeda dengan mereka yang cenderung tidak memiliki semaangat bersaing, tentunya lebih suka bergabung dengan orang yang belum jelas tujuan hidupnya.

Baca Juga : Umat Muslim Ini Cara agar Tidak Mudah Baper Dalam Islam

Maka dari itu carilah teman baik yang bisa mengantarkan Anda pada hal-hal yang baik, arah positif pastinya. Semoga selalu di jauhkan dari teman yang tidak baik dan semoga bermanfat. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.